How To?

4 Tips Agar Tidak Stress Saat Pandemi

4 Tips Agar Tidak Stress Saat Pandemi

Di tahun 2020 ini, dunia di gemparkan dengan pandemi munculnya virus corona yang memiliki kekuatan dahsayat. Dimana virus ini dapat membunuh dengan waktu yang relatif singkat, dan menyebar ke seluruh dunia yang menyebabkan kepanikan.

Sejak kemunculan virus ini berbagai macam tindakan di lakukan agar penyebaran tidak meluas, tapi alam berkata lain. Bahkan banyak manusia yang tidak peduli dengan hal itu hingga mengabaikan himbauan untuk berhati-hati. Tapi tetap saja penyabaran sulit di hentikan.

Virus yang berasal dari Wuhan,China ini mulai menyebar ke daratan Eropa. Spanyol dan Italia merupakan Negara yang memiliki kasus corona yang cukup besar. Hingga kini virus corona pun telah tiba di Indonesia dan menyebabkan kecemasan.

Kehawatiran dan kecemasan tidak dapat dihindari karena virus yang sangat mematikan ini cepat menyebar. Tapi kecemasan yang berlebihan bisa memberikan dampak buruk,  seperti terganggunya aktivitas sehari-hari, menurunnya kinerja, bahkan dapat memperburuk hubungan pribadi seseorang.

Penelitian dari Stanford Universeti, Amerika serikat mengungkapkan bahwa adanya keterkaitan antara pola pikir dengan kesehatan seseorang. Menurut para ilmuwan, orang yang berpikir negatif mengenai kondisi fisiknya cenderung menganggap dirinya tidak bugar.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyebutkan, stres selama pandemi bisa berupa rasa takut dan khawatir akan kondisi kesehatan sendiri dan orang yang disayangi, perubahan pola tidur dan makan, sulit berkonsentrasi atau sulit tidur, situasi penyakit kronis yang memburuk.

Sebenarnya ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengindari stres akibat berita tentang virus corona, Berikut adalah tips agar tidak stres saat pandemi.

1. Berhenti Mencari Berita Tentang Pandemi

Kita semua sudah paham akan virus ini, dan kita juga sudah sudah tau cara agar terhindar dari virus corona. Melihat angka orang yang terjangkit virus corona tidak akan membuat anda lebih tenang, bahkan dapat menyebabkan anda lebih panik dan stres.

Cukup dengan menerapkan himbauan dari pemerintah dan para ahli yang insyaallah apabila kita menjalakan ikhtiar tersebut kita akan terhindar. Mereka lebih tau akan pandemi ini, dan ini merupakan cara untuk menekan penyebaran virus corona.

2. Jangan Mudah Membagikan Informasi yang Belum Diketahui Kebenarannya

Di zaman yang maju ini semua hal dengan mudah di dapatkan. Tidak terkecuali informasi, banyak informasi yang belum tentu kebenarannya atau hoax dapat menyebar dalam hitungan detik. Kita cenderung terbiasa men-share informasi yang belum diketahui kebenaranya.

Berhenti menyebarkan informasi yang berlum tentu kebenarannya, hal itu tidak dapat memperbaiki keadaaan bahkan sebaliknya dapat memperburuk keadaan. Ketika kita di penuhi rasa kecemasan yang berlebihan mental kita akan jatuh dan melemahkan sistem imun dalam tubuh.

Kita ketahui bahwa yang dapat mencegah virus corona ini adalah sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang baik. Bila system imun baik insyaallah kita akan terhindar dari pandemi ini.

3. Mendengarkan Hal-Hal yang Lebih Positif

Mendengarkan musik terbukti bisa memperbaiki kondisi pikiran seseorang. Bagi sebagian besar orang cenderung memilih mendengarkan musik untuk memperbaiki kondisi pikiran. Jadi ini sangat disarankan untuk Anda supaya terhindar dari depresi.

Atau bagi yang beragama Islam, kita bisa mendengarkan ceramah ceramah yang sudah banyak tersebar di Youtube dan media sossial lainnya. Ini bisa menjadi penawar bagi hati kita yang sedang gersang dan khawatir akan pandemi.

Dengan mendengar sesuatu yang baik kita akan lebih tenang dalam menjalani hidup dan kehidupan. Maka dari itu, mari kita mendekatkan diri pada Allah swt. Dan berdoa agar pandemi saat ini cepat berlalu.

4. Selalu Berpikiran Positif

Seperti halnya lagu Chrisye yang berjudul Badai Pasti Berlalu semoga saja pandemi ini cepat berlalu. Kita harus selalu berdoa dan berusaha dengan selalu berpikiran positif. Ya, denga berfikir positif mental kita akan kuat dan sistem imun pun akan meningkat.

Dengan berfikir positif bukan saja semata agar terlihat kuat. Tapi penelitian membuktikan apa yang kita pikirkan, apa yang kita ucapkan dengan terus menerus maka tubuh akan merespon dan meng-iya-kan serta apa yang kita pikirkan itu menjadi kenyataan.

Apabila kita senantiasa berpikiran bahwa kita tidak akan terkena virus dan pandemi ini akan segera berlalu, bukan tidak mungkin hal itu bisa jadi kenyataan. Dan apabila semua orang menerpakan selalu berpikiran positif akan berdampak yang baik bagi seluruh dunia.

Semoga tips yang di berikan bisa memberikan manfaat bagi semua yang membaca artikel ini. Tetap jaga kesehatan, selalu melakukan hal-hal positif serta mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa dan berdo’a agar pandemi ini cepat berlalu.

To Top