How To?

4 Kegiatan yang Baik Kamu Lakukan Setelah Makan

4 Kegiatan yang Baik Kamu Lakukan Setelah Makan

Teman-teman kegiatan apa yang biasa kalian lakukan setelah makan ? Apakah kamu langsung melanjutkan aktivitas lainnya atau bahkan langsung tiduran ?

Tahukah kamu ada beberapa kegiatan yang direkomendasikan dilakukan setelah makan berat. Hal ini dimaksudkan juga untuk membantu kerja pencernaanmu. Simak kegiatan yang baik kamu lakukan setelah makan.

1. Istirahatlah Sejenak

Untuk membantu kerja pencernaan kamu disarankan untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan aktivitas berikutnya. Hal ini dimaksudkan agar otak berfokus pada kinerja sistem pencenaan untuk menyerap nutrisi. Posisi yang disarankan adalah posisi duduk sekitar 15-20 menit.

Jangan terlalu lama karena mungkin menimbulkan timbunan lemak. Apalagi jangan sampai tidur ya karena bisa mengganggu proses pencernaanmu.

2. Minum Air Hangat

Air panas atau hangat dianggap sebagai minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika kamu dalam program diet tetapi harus makan berat, minumlah air hangat setelahnya tapi langsung setelah makan. Air hangat juga membantu sistem pencernaan agar bisa bekerja lebih baik.

Selain air hangat, kamu juga bisa menambahkan perasan air lemon untuk semakin memperlancar kerja pencernaanmu.

3. Berjalan Ringan

Jika kamu makan lebih dari apa yang dibutuhkan atau kekenyangan, hal itu membuat tubuhmu menjadi susah atau malas untuk bergerak. Nah dengan berjalan ringan, kamu bisa membunuh rasa malas itu. Tapi jangan langsung dilakukan ya, ada baiknya dilakukan setelah berisitirahat.

Sebaiknya jangan jalan berlebihan atau terlibat dalam aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan dan energi lebih. Hal ini karena sebagian besar energi tubuh sedang digunakan untuk menghancurkan makanan yang baru saja masuk, sehingga kamu tidak akan memiliki cukup energu untuk menjalankan kegiatan yang lain.

4. Hindarilah Stress Setelah Makan

Selain beberapa hal tadi, kamu pun harus menghindari stress setelah makan. Sebab jika kamu merasa stress, sistem saraf pusat di bagian tubuh kamu akan menutup. Sehingga suplai darah ke sistem pencernaan akan berkurang, yang kemudian mempengaruhi kontraksi otot pencernaan, serta mengurangi sekresi yang diperlukan untuk pencernaan. Karena hal tersebut kamu akan merasa mual, diare, bahkan sembelit.

To Top