Health

Waspada, Ini 5 Gejala Umum Tubuh Kelebihan Gula

Waspada, Ini 5 Gejala Umum Tubuh Kelebihan Gula

Penyakit gula atau diabetes disebabkan oleh kelebihan kadar gula dalam tubuh. Dua penyakit ini sangat berbahaya dan sangat sulit sekali disembuhkan. Salah satu cara terbaik mencegah penyakit gula adalah dengan mencegahnya sejak dini.

Terutama dengan menjaga pola makan sehat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Sebab makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang pada akhirnya menyebabkan penyakit gula.

Berikut ini ada lima gejala umum yang menandakan tubuh Anda sudah kelebihan gula. Jika merasa memiliki gejala ini, segera periksa ke dokter.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Diabetes yang Jarang Disadari

1. Sering merasa haus tanpa sebab

Anda sering merasa haus tanpa sebab, padahal Anda cuma duduk saja? Hati-hati, salah satu gejala paling umum tubuh kelebihan gula yaitu sering merasa haus dan mulut terasa kering. Karena haus, Anda bakalan lebih banyak minum dan karena banyak minum, Anda akan sering buang air kecil.

Hal ini disebabkan karena fungsi ginjal terganggu oleh kadar gula darah yang tinggi. Ginjal pun membutuhkan lebih banyak air untuk membuang gula yang berlebihan.

2. Mudah lelah

Akibat kadar gula yang terlalu tinggi, tubuh tidak bisa memproses glukosa secara benar. Oleh sebab itu tubuh kurang mendapat asupan energi.

Energi nya pun digunakan secara tidak efisien dan akan terkuras lebih cepat meskipun Anda tidak melakukan aktivitas berat. Jadi kalau Anda sering merasa lelah tanpa sebab, bisa jadi kadar gula darah Anda sangat tinggi.

3. Kulit jadi kering

Kulit kering tak hanya disebabkan oleh sinar matahari atau polusi tapi juga bisa disebabkan karena gula. Kadar gula yang tinggi dapat mengganggu keseimbangan hormon yang pada akhirnya menyebabkan produksi minyak alami kulit wajah jadi meningkat. Akibatnya kulit jadi kering, kusam dan berjerawat.

Baca Juga: 6 Penyakit Mematikan Ini Sebenarnya Disebabkan Karena Sifat Buruk Kita

4. Mengalami gangguan suasana hati

Gula yang berlebih juga dapat mempengaruhi suasana hati. Fluktuasi gula darah dalam tubuh jadi penyebabnya. Akibatnya susana hati Anda jadi sering menurun, kurang gairah, sering cemas hingga depresi.

5. Mudah terserang penyakit

Kadar gula yang berlebihan juga dapat menyerang sistem imum. Jika sistem imum tubuh terganggu, akibatnya tubuh akan mudah terserang penyakit.

Selain itu, banyak gula dapat mengembangkan bakteri jahat dalam usus yang dapat memicu infeksi saluran.

Jika Anda merasa memiliki gejala-gejala di atas, segera periksa ke dokter dan jaga pola makan sehat Anda.

Loading...
Loading...
To Top