Health

Wajib Tahu, Ini Risiko Bagi Tubuh Jika Suka Menahan Kencing!

Wajib Tahu, Ini Risiko Bagi Tubuh Jika Suka Menahan Kencing!

Saat sedang sibuk-sibuknya beraktivitas, lalu muncul keinginan untuk buang air kecil (BAK), kebanyakan orang pasti lebih memilih menahannya dulu karena gak mau aktivitas terganggu hanya karena ingin buang air kecil.

Sah-sah saja suka menahan kencing, gak haram kok. Kita memang memiliki kontrol penuh atas fungsi kandung kemih. Artinya ketika muncul perasaan ingin kencing, kita bisa langsung kencing atau kita bisa menahannya

Tapi kalian wajib tahu kalau suka menahan kencing dalam waktu yang lumayan lama ada risikonya bagi tubuh. Memang apa risikonya yah?

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Bahaya Kencing Sembarangan di Kolam Renang

Dilansir dari Science Alert, dijelaskan bahwa ketika kita menahan air kencing, maka tutup tabung di kandung kemih akan tertutup erat. Tertutupnya kandung kemih akan menjaga urine agar tidak bocor melalui uretera.

Bahaya menahan kencing dalam jangka waktu lama.

Karena kondisi tersebut, sering menahan air kencing dalam waktu lama bisa menyebabkan risiko infeksi lebih tinggi.

Otot kandung kemih juga akan melemah hingga menyebabkan terjadi retensi urine atau kondisi yang mencegah kita untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya saat kencing.

Selain itu, menahan buang air kecil dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih karena bisa membuat tubuh terpapar bakteri berbahaya. Kamu mau terkena infeksi? Pasti gak mau donk!

Baca Juga: Ternyata, Tidur Siang Terlalu Lama Sangat Berisiko

Dalam kasus yang paling ekstrim, menahan kencing bisa menyebabkan kandung kemih jadi pecah, meskipun kasus ini sangat langka terjadi. Pecahnya kandung kemih dapat membuat kita segera menemui Pencipta kita.

Kesimpulannya, kamu jangan suka menahan air kencing dalam jangka waktu yang lama yah! Walau kamu sedang berada dalam jamuan, sedang bekerja atau melakukan aktivitas lain, lalu muncul keinginan untuk kencing, jangan sungkan untuk mangkir dulu ke toilet. Atau jika kamu malu atau merasa tidak sopan, kamu bisa pakai popok sebelumnya.

Loading...
Loading...
To Top