in

Wajib Tahu, Ini Bahaya Kencing Sembarangan di Kolam Renang

Foto: Pixabay

Memang asyik rasanya berenang bersama sahabat, keluarga atau pacar. Tapi ada kebiasaan buruk yang suka dilakukan banyak orang ketika berada di kolam renang. Salah satunya yaitu kencing sembarang di dalam kolam renang. Anda pernah?

Loading...

Ketika berada di dalam kolam renang dan malas pergi ke toilet, kebanyakan orang akan sengaja buang air kecil di dalam celana. Memang sensasinya terasa nikmat, seperti ada rasa hangat dalam celana kita. Namun wajib diketahui, kencing di kolam renang sebenarnya sangat berbahaya, baik itu untuk diri sendiri dan juga orang lain.

Menurut beberapa penelitian, bila air kencing tercampur dengan klorin, zat yang biasa digunakan untuk membuat air kolam tetap bersih, maka efeknya sangat berbahaya. Asam urat dalam urine yang tercampur dengan klorin dapat menyebabkan pembentukan cyanogen chloride (CNCI) dan trichloramine (NCI3).

Dua senyawa tersebut merupakan zat beracun yang sangat berbahaya untuk kesehatan. CNCI dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen, mempengaruhi sistem saraf otak, sistem pembuluh darah dan jantung, dan juga sistem pernapasan. Selain itu, CNCI juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menyebabkan seluruh tubuh jadi keracunan, demikian seperti dikutip dari Alodokter.

loading...

Baca Juga: Bakteri Berbahaya Yang Tidak Kamu Ketahui Bersembunyi Di Kolam Renang

Sedangkan NCI3 merupakan senyawa beracun yang dapat menyebabkan cedera paru akut jika seandainya tercampur dengan klorin dalam kolam renang.

Kencing di kolam renang bisa menyebabkan air terkontaminasi bakteri berbahaya.

Foto: Pixabay

Air kolam yang sudah tercampur dengan urin dapat terkontaminasi bakteri atau kuman berbahaya seperti Cryptosporidium, Giardia, E.coli dan masih banyak lainnya. Semua bakteri tersebut dapat menyebabkan diare.

Menurut para peneliti, bakteri Cryptosporidium dapat bertahan hidup di kolam renang berklorin sampai 10 hari lamanya. Jika sampai masuk ke dalam tubuh kita, maka akibatnya kita bisa sakit selama berminggu-minggu.

Baca Juga: Keren, Inilah 8 Kolam Renang Paling Mewah dan Indah

Jadi, sangat bahaya jika Anda sampai menelan air kolam renang. Bakteri berbahaya itu bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Anda bisa mandi dulu dengan sabun sebelum berenang. Kalau sedang diare, pastikan Anda jangan berenang. Setelah Anda berenang, segeralah mandi dengan sabun sampai bersih karena itu bisa membunuh bakteri berbahaya yang menempel di tubuh Anda.

loading...
Loading...
Loading...