in

Tiga Pertanda Anda Positif Terkena HIV/AIDS

Foto: Doktesehat

Anda pasti sudah tahu banyak tentang virus imunodifisiensi manusia atau HIV yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Salah satunya Anda tahu kalau penyakit HIV/AIDS sangat mematikan dan belum ada obatnya. Kemungkinan besar orang yang terkena penyakit ini hidupnya tidak akan lama lagi.

Penyakit HIV-nya sebenarnya tidak seganas kanker, tapi yang membahayakan adalah HIV menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Akibatnya penderita HIV memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah, sehingga berbagai macam penyakit bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Bayangkan saja jika ribuan penyakit masuk begitu saja ke dalam tubuh, pasti tubuh tidak akan kuat menangkalnya juga.

Soal bagaimana HIV ditularkan, Anda juga pasti sudah tahu banyak. HIV bisa menular karena seks bebas, jarum suntik dan kontak darah secara langsung. Oleh sebab itu jangan berani-berani melakukan seks bebas, sebab penderita HIV kebanyakan diakibatkan karena seks bebas. Memang awalnya nikmat, tapi kalau udah terkena HIV baru tahu rasa.

Sekedar untuk pengetahuan, berikut ini ada tiga pertanda kalau Anda positif terkena penyakit HIV/AIDS yang sering diabaikan. Amit-amit yah terkena HIV!

Baca Juga: Mitos Tentang HIV AIDS yang Wajib Dipahami

1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening dapat ditemukan di bagian paha, ketiak dan leher. Jika seandainya terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, bisa jadi ini merupakan pertanda HIV. Pasalnya kelanjar getah bening merupakan bagian dari sistem imun yang akan mengalami peradangan jika terjadi infeksi.

2. Kehilangan memori

Virus HIV tak hanya merusak sistem imun tubuh, tapi juga dapat merusak sel-sel otak. Kadang virus ini dapat menyebabkan demensia, kebingungan dan kehilangan memori seolah Anda lupa ingatan seperti dalam film-film sinetron.

Baca Juga: Foto-Foto Menyentuh Penderita HIV/AIDS Di Saat-Saat Terakhir

3. Mudah lelah

Ini adalah tanda awal dari HIV yang sering diabaikan. Memang lelah itu bisa disebabkan karena banyak hal, seperti kurang istirahat, makanan yang tidak sesuai, melakukan kerja berat dan sebagainya. Tapi jika Anda merasa cukup istirahat, makan pun teratur, tidak kerja berat, tapi Anda mudah lelah dalam waktu sekian menit, Anda harus waspada. Bisa jadi Anda menderita penyakit serius, salah satu contohnya adalah HIV.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, bukan berarti Anda langsung memvonis diri sendiri terkena HIV. Cek dulu ke dokter, lalu ingat kenangan masa lalu, apakah Anda banyak melakukan seks bebas dan sebagainya. Mudah-mudahan saja tidak!

loading...
Loading...
Loading...