Health

Ternyata Mengkonsumsi Cokelat Bisa Beri Manfaat bagi Jantung

Ternyata Mengkonsumsi Cokelat Bisa Beri Manfaat bagi Jantung

Konsumsi cokelat selama ini telah diketahui berhubungan dengan berbagai manfat kesehatan. Penelitian terbaru menambah daftar panjang dari manfaat konsumsi cokelat ini.

Dilansir dari Medical Daily, diketahui bahwa konsumsi cokelat beberapa kali dalam seminggu bisa bermanfaat bagi jantung. Berdasar hasil penelitian, konsumsi satu hingga tiga kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit arteri koroner hingga delapan persen.

Hasil temuan ini diperoleh melalui enam hasil penelitian selama lima dekade mulai 1966 hingga Januari 2020. Individu yang menjadi responden diikuti selama sembilan tahun dan dibuat perbandingannya dengan orang yang tidak mengonsumsi cokelat.

“Hasil penelitian kami menemukan bahwa cokelat bisa menjaga pembuluh darah tetap sehat. Di masa lalu, penelitian klinis menunjukkan bahwa cokelat bermanfaat baik untuk tekanan darah serta bagi pembuluh darah,” terang Dr. Chayakrit Krittanawong dari Baylor College of Medicine, Houston, Texas.

“Saya penasaran apakah hal ini bermanfaat bagi pembuluh darah yang mensuplai jantung (arteri koroner) atau tidak. Jika iya, apakah hal ini bermanfaat atau merugikan?” sambungnya.

Jumlah kuantitas cokelat yang dikonsumsi juga jadi pertimbangan pada hal ini. Setiap porsi cokelat dibatasi hingga 30 gram. Walau begitu, peneliti tidak bisa menentukan bahan tambahan apakah dari cokelat yang lebih baik untuk digunakan.

“Jumlah kecil cokelat tampaknya melindungi arteri koroner, namun dalam jumlah banyak ternyata tidak. Kandungan aklori, gula, susu, dan lemak pada produk komersial harus dipertimbangkan terutama pada penderita diabetes dan obesitas,” terang dr. Krittanawong.

Manfaat cokelat pada diabetes juga diketahui bisa terbukti dengan konsumsi dua porsi cokelat. Hal ini terbukti efektif untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan ini.

Walau begitu, ketika konsumsi cokelat ditingkatkan hingga enam kali seminggu, tidak ada efek positif yang ditemui. Sedangkan masalah jantung dan stroke diketahui menurun setelah mengonsumsi tiga porsi cokelat seminggu.

To Top