in

Suka Memblokir Orang Di Media Sosial Tanda Kamu Menderita Egomania

Memblokir orang lain di media sosial

Kita menggunakan media sosial agar tetap terhubungan dengan keluarga, sahabat dan kerabat di manapun kita berada. Alih-alih media sosial bisa mempererat silaturahmi, tapi tak bisa dipungkiri kalau media sosial juga bisa menyebabkan perpecahan dan permusuhan.

Ketika kamu benci terhadap seseorang, kamu pasti pernah memblokir orang tersebut di media sosial. Tujuannya yaitu untuk mencegah orang tersebut terhubung lagi denganmu di medsos. Namun dilihat secara psikologis, memblokir orang lain di media sosial adalah bentuk kemarahan dan kebencian terselubung.

Menurut seorang psikoanalis dan hipnoterapis kognitif Steve McKeown, seperti dikutip dari situs UNILAD, menjelaskan bahwa suka memblokir orang lain di media sosial hanya karena argumen kecil merupakan tanda dari egomania.

Apa itu egomania?

Menurut laman Wikihow, egomania adalah orang yang selalu merasa benar dan tidak bisa menerima opini orang lain. Penderita egomania biasanya cepat marah dan selalu ingin jadi pusat perhatian.

Steve berpendapat, adu argumen yang terjadi di media sosial bisa menciptaka kebencian. Kamu merasa bahwa orang tersebut tidak pantas jadi bagian dari kehidupan virtualmu. Pilihannya sederhana, abaikan saja atau blokir dia.

Baca Juga: 3 Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Akun Instagram Kamu

Kebanyakan pengguna media sosial beranggapan kalau memblokir orang itu bisa menyelesaikan masalah. Namun anggapan itu sebenarnya salah, memblokir orang lain di media sosial tidak akan menyelesaikan apa-apa.

Kata Steve, masalahnya tidak hilang, kamu hanya tidak mau berurusan dengan masalah yang ada di depanmu. Kamu hanya melarikan diri, tidak mau menghadapi persoalan yang ada.

Dengan memblokir orang lain, sepintas masalah sudah selesai. Namun, emosi dan amarah yang kamu rasakan bisa muncul lagi di kemudian hari. Apalagi jika sampai bertemu dengan orangnya secara langsung, perasaan emosi itu bisa sampai meluap-luap.

Interaksi di media sosial menggambarkan jati diri kamu sebenarnya. Menurut Steve, orang yang mudah nge-block orang lain di medsos itu berarti dia menderita gangguan egomania.

Orang yang menderita egomania akan menganggap dirinya paling benar, tapi padahal dia memiliki harga diri yang rendah.

Fitur blokir di media sosial sebenarnya ditujukan untuk memfilter konten-konten negatif, bukan untuk memblokir orang lain hanya karena argumen kecil. Jadilah orang yang mau menghadapi masalah dan menyelesaikannya, jangan lari dari masalah!

Loading...
Loading...