Health

Sudah Tidur Cukup Tapi Tetap Mengantuk? Mungkin Ini Alasannya!

Yuk Olahraga Biar Kamu Gak Alami 4 Hal Ini

Tidur cukup menjadi kebutuhan semua orang. Tidur menjadi suatu hal yang sangat mewah dan mahal saat kamu bertambah usia. Menurut penelitian, semakin tua usia seseorang maka mereka akan mengalami tidur yang sulit. Kamu yang masih sehat dan bisa tidur pulas tentu harus bersyukur.

Mungkin beberapa di antara kamu ada yang mengalami rasa kantuk yang sangat meski sudah tidur cukup. Ternyata ini beberapa alasan mengapa seseorang masih merasa mengantuk meski sudah tidur cukup.

Baca Juga : Jangan Dibuang, Ternyata Kulit Buah-Buahan ini Kaya Manfaat

1.Menderita penyakit kronis

Penyakit organ dalam ternyata bisa ditunjukkan dengan rasa lelah dan kantuk yang berlebihan. Jika kamu memiliki gangguan jantung, gangguan peredaran darah, hingga gangguan pada hati, biasanya kamu akan mengalami rasa kantuk yang berkepanjangan. Untuk itu segera konsultasikan hal tersebut pada dokter agar sakit tidak semakin parah.

2. Hypersomnia

Hypersomnia adalah kondisi dimana seseorang ingin tidur dan merasa lelah terus menerus. Mereka biasanya sulit berpikir cepat sehingga terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari. Hypersomnia adalah kebalikan dari insomnia, dimana insomnia adalah kondisi seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur.

Hypersomnia dan insomnia adalah masalah yang terjadi pada sistem otak. Untuk mengatasi hal ini, bantuan dokter sangat dibutuhkan. Otak perlu diberikan terapi stimulus agar bisa bekerja dengan normal kembali.

3. Nokturia

Penderita nokturia biasanya mengalami gangguan tidur setiap malam. Mereka biasanya mengeluh selalu ingin buang air kecil tengah malam. Terlalu sering pergi ke kamar mandi saat tidur tentu akan mempengaruhi kualitas tidur.

Hal ini bisa membuatmu merasa tak cukup tidur dan terus menerus merasa lelah. Ternyata nokturia ini bisa menjadi tanda jika kamu mengidap penyakit serius. Untuk itu, memeriksakan diri ke dokter secepatnya bisa membantu kamu mengatasi hal ini.

4. Central Sleep Apnea

Central sleep apnea bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, bahkan peradangan otak. Kondisi ini disebabkan karena otak gagal dalam menerima sinyal ke otot yang bertugas untuk mengontrol sistem pernapasan.

Saat terbangun, penderita akan mengalami kekurangan oksigen dimana kekurangan oksigen ditandai dengan rasa kantuk terus menerus. Jika tidak segera diatasi, kondisi penderita akan semakin memburuk ditandai dengan sulit berkonsentrasi dan sakit kepala.

To Top