in

Seberapa Kotor Mesin ATM? Jawabannya Sangat Mengejutkan

Mesin ATM sama kotornya dengan toilet

Masyarakat zaman sekarang sudah lumrah menggunakan mesin ATM, baik itu untuk ngambil uang atau transfer uang. Tapi tahu tidak seberapa kotor mesin ATM yang sering kita gunakan?

Selama ini kita menganggap mesin ATM bersih-bersih saja, bebas dari bakteri berbahaya. Tapi anggap seperti itu sebenarnya salah besar. Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mesin ATM sama kotornya dengan toilet umum.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh BioCote, perusahaan teknologi antimikroba dari Amerika Serikat, menunjukkan bakteri yang ada di mesin ATM hampir sama banyaknya dengan bakteri yang ada di toilet umum.

loading...

Penelitian yang dilakuan dengan cara mengambil sampel dari bantalan tombol angka pada mesin ATM yang digunakan oleh ribuan orang di sejumlah tempat di Inggris. Tim peneliti juga mengambil sampel dari dudukan toilet dengan cara yang sama untuk membandingkan keduanya.

Baca Juga: 8 Alat Skimmer Mesin ATM Yang Harus Anda Waspadai

Kedua sampel itu dibawa ke lab untuk diteliti dan dibiarkan semalaman. Hasilnya menunjukkan bahwa sampel dari ATM dan dudukan toilet menunjukkan pertumbuhan bakteri Pseudomonas dan Bacillus yang dapat menyebabkan diare.

Penelitian yang dilakukan BioCote tidak menyebutkan secara pasti berapa jumlah bakteri yang ada di mesin ATM. Namun dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh University of California, mengungkapkan bahwa setidaknya ada 50 bakteri per 0,1 meter kuadrat luas permukaan dudukan toilet.

Mesin ATM bisa jadi sumber bakteri, terutama bagian tombol angkanya karena digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Jadi pantas saja jika ada banyak bakteri berbahaya hidup di sana. Sementara itu, mesin ATM menempati posisi ke-10 sebagai fasilitas umum yang jadi sumber bakteri.

Untuk mencegah bakteri berbahaya masuk ke dalam tubuh Anda, sebaiknya Anda mencucui tangan sesudah menggunakan mesin ATM. Jangan sampai Anda langsung memakan sesuatu dengan menggunakan tangan sehabis memakai mesin ATM.

Sumber referensi: helloSehat

loading...
Loading...
Loading...