in

Merasa Gak Puas dengan Fisik Sendiri? Kamu Mengidap Penyakit Ini

Merasa Gak Puas dengan Fisik Sendiri? Kamu Mungkin Mengidap Penyakit Ini
Foto: Aboutmenshow.com

Sudah seharusnya kita mensyukuri kondisi fisik tubuh yang diberikan Tuhan bagaimanapun rupanya. Namun tak sedikit orang yang merasa kurang puas dengan kondisi fisiknya sendiri, meski bisa dikatakan sudah lebih dari sempurna. Jika Anda merasa seperti itu, mungkin Anda mengidap penyait ini.

Orang yang tak menerima dengan kondisi fisiknya dan bahkan memikirkan kekurangnya secara berlebihan mungkin saja mengidap kondisi yang disebut Body Dysmorphic Disorder (BDD). Menurut Wikipedia, kondisi yang juga disebut dysmorphophobia ini merupakan gangguan mental yang mengakibatkan seseorang sibuk memikirkan cacat atau kekurangan dalam penampilan fisiknya.

Baca Juga: Hobi Unggah Foto Di Medsos? Anda Mengidap Gangguan Ini

loading...

Selama berjam-jam dalam sehari, orang yang menderita BDD biasanya suka menghabiskan waktu berpikir tentang cara memperbaiki atau menutupi kekurangan fisiknya tersebut. Bila terlalu parah, akibatnya mereka bisa merasakan kecemasan, depresi, dan gangguan makan.

Penderitanya bisa melakukan sesuatu berlebihan untuk menutupi atau mengurangi kekurangan fisiknya

Merasa Gak Puas dengan Fisik Sendiri? Kamu Mungkin Mengidap Penyakit Ini
Foto: T4fitness.co.uk

Penderitanya kemungkinan besar akan berusaha sebisa mungkin untuk merubah penampilannya, seperti menggunakan make up berlebihan, mengwarnai rambutnya, terus menerus memeriksa penampilannya di cermin, dan kasus yang paling ekstrim melakukan operasi plastik.

Baca Juga: 6 Operasi Plastik Paling Aneh yang Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Beberapa selebriti terkenal yang diketahui pernah mengalami gangguan mental ini di antaranya adalah Michael Jackson, Ileana D’cruz dan masih banyak lagi.

Menurut International Business Times, BDD umumnya dialami oleh remaja berusia 16 sampai 18 tahunan, tapi ada juga yang berusia 12-14 tahun sudah menderita kondisi ini.

Untuk menyembuhkan BDD, diperlukan tekad dan komitmen yang kuat dari pengidap dan juga bimbingan dari lingkungan sekitar. Salah satu cara yang paling ampuh yaitu dengan mensyukuri sepenuh hati apa yang telah diberikan Tuhan.

loading...
loading...
Loading...
Loading...