in

5 Makanan Terbaik Untuk Mencegah Kanker Payudara

Makanan pencegah kanker payudara
Foto: Pixabay

Kanker payudara adalah momok yang menakutkan bagi perempuan. Kanker payudara terbentuk saat sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal. Kemudian sel-sel tersebut membentuk tumor mirip benjolan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seorang perempuan terkena kanker payudara. Salah satunya usia, paparan radiasi dan tentunya asupan makanan yang tidak sehat. Jika gejalanya tidak segera di atasi, maka kankernya akan semakin ganas. Kalau kanker payudara sudah parah, sulit sekali untuk menyembuhkannya dan bahkan berisiko tinggi menyebabkan kematian.

Bagi wanita yang merasa sehat-sehat saja, jangan senang hati dulu karena Anda tetap berisiko terkena kanker payudara. Untuk mencegah risiko terkena kanker payudara, ada beberapa makanan yang sudah terbukti dapat mencegah kanker payudara.

loading...

Dikutip Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut makanan-makanan terbaik pencegah kanker payudara.

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang kenari, hazelnut atau almond kaya akan serat. Menurut penelitian, kacang-kacangan dipercaya ampuh untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kacang-kacangan juga dapat menjaga kadar gula daram dalam tubuh.

2. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan protein seperti Vitamin A dan kalium. Di dalam brokoli terdapat kandungan antioksidan sulforaphane yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat membunuh sel-sel tumor dalam tubuh, termasuk kanker payudara.

3. Bayam

Selain brokoli, sayuran hijau yang juga membancu mencegah kanker payudara adalah bayam. Kandungan folat dan vitamin B di dalamnya dapat mencegah perubahan DNA yang menyebabkan kanker payudara. Jadi sangat cocok mengkonsumsi bayam yang dikombinasikan dengan brokoli.

4. Jamur Shiitake

Disebut juga jamur hioko, ini merupakan jamur yang berasal dari Asia Timur, khususnya dari Jepang. Jamur shiitake mengandung antioksidan L-ergothioneine yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Menurut penelitian, mengkonsumsi jamur ini dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara hingga 60 persen. Hal itu dikarenakan jamur mampu membunuh sel-sel kanker.

5. Apel

Tak hanya kaya akan vitamin C, kandungan serat dari kulit apel juga dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker. Rutin memakan apel dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

loading...
loading...
Loading...
Loading...