in

Kubis Goreng, Si Nikmat Pemicu Kanker

Kubis Goreng, Si Nikmat Pembawa Penyakit Berat

Kubis goreng adalah salah satu pendamping makanan yang biasanya disajikan bersama lauk dalam menu pecel lele. Teksturnya yang renyah dan berminyak memang nikmat dipadukan dengan nasi panas dan sambal khas pecel lele. Tapi tak jarang lho ada orang yang menyukai kol goreng yang tak terlalu kering alias masih sedikit alot.

Loading...

Kubis atau kol merupakan jenis sayuran yang manfaatnya tak usah diragukan lagi. Kol diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu dalam kol terdapat pula serat, vitamin B, C, A, dan K, asam folat dan satu lagi, kubis sangat rendah kalori.

Kandungan serat dalam kol sangat baik bagi pencernaan. Tak sampai di situ, penelitian tentang kandungan dalam kol ternyata dapat menurunkan risiko kanker.

Lalu, apakah kandungan manfaat dalam kubis akan berubah setelah digoreng?

Kubis Goreng, Si Nikmat Pembawa Penyakit Berat
Foto: Pexels

Jawabannya, ya!

loading...

Kamu pasti sudah tahu jika makanan yang melalui proses pemanasan apalagi berulang akan merusak nutrisi dalam makanan tersebut. Hal ini juga terjadi pada kol yang digoreng dengan minyak panas, apalagi jika digoreng berulang kali.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kubis mengandung vitamin C di mana vitamin ini sangat rentan rusak akibat suhu panas. Senyawa karsinogenik, yakni senyawa pemicu kanker, bisa muncul dalam kol yang digoreng karena proses penggorengan yang terlalu lama.

Pada saat minyak dipanaskan, akan ada proses hidrolisis yang akan memicu radikal bebas. Kamu mungkin kerap kali memperhatikan saat memasak kubis goreng, minyak akan dipanaskan di suhu sangat tinggi dalam waktu yang lama. Proses pemanasan inilah akan yang akan menyebabkan hidrolisis terjadi dengan sangat cepat.

Proses pembuatan kol goreng yang merusak kandungan nutrisi dan proses pemanasan minyak ini menyebabkan kubis goreng yang sering kita nikmati mengandung senyawa penyebab kanker alias senyawa karsinogen dan radikal bebas.

Lalu, bagaimana agar kamu tetap bisa menikmati makanan nikmat ini tanpa perlu takut terkena kanker?

Kubis Goreng, Si Nikmat Pembawa Penyakit Berat
Foto: Selerasa

Kamu bisa membuat kubis goreng sendiri di rumah. Ya, mungkin tak akan seenak kubis goreng pinggir jalan, namun yang penting kamu bisa menekan peluang kanker menyerang tubuhmu.

Lebih baik lagi jika kamu mulai mengganti kebiasaan menikmati kubis goreng dengan kubis segar, karena kandungan nutrisi dalam kubis goreng lebih sedikit dibandingkan dengan kol yang masih segar.

loading...
Loading...
Loading...