in

Kloset Duduk atau Jongkok, Mana yang Lebih Sehat?

Kloset Duduk atau Jongkok, Mana yang Lebih Sehat?

Hal mengenai toilet merupakan hal sepele bagi sebagian orang. Banyak yang kurang memperhatikan manfaat dan kualitasnya bagi kesehatan di samping kebersihan toilet yang kita gunakan. Selain toilet, kloset menjadi komponen penting yang tak bisa kita lupakan. Kamu pasti kerap menemukan beberapa jenis toilet. Ada toilet duduk dan jongkok.

Meski keduanya sama-sama toilet, kamu tetap harus tahu mana yang lebih baik dan sehat untukmu. Mungkin bagi seorang hal tersebut sangat sederhana bahkan tak penting, namun para ahli mengatakan hal sederhana inilah yang memicu penyakit pencernaan.

Dari kedua jenis toilet tersebut, mana yang lebih sehat?

Kloset Duduk atau Jongkok, Mana yang Lebih Sehat?
Foto: Klikdokter

Dalam jurnal penelitian Digestive Diseases and Sciences, disebutkan bahwa berjongkok atau duduk dapat mempengaruhi kelancaran buang air besar.

loading...

Menurut peneliti Dov Sikirov, saat berjongkok akan membuat otot puborectalis tidak bekerja sehingga proses pembuangan akan berjalan dengan mudah. Berbeda ketika menggunakan kloset duduk, proses pembuangan akan berjalan cukup lama dengan tenaga yang lebih besar.

Dalam organ pencernaan terdapat sudut yang terbentuk antara anus dan rektrum yang disebut anorektal. Sudut inilah yang menjadi jalan keluar feses. Pada saat menggunakan kloset jongkok, usus dan anus berada pada jalur yang lurus sehingga feses sangat mudah keluar. Berbeda pada saat duduk, sudut anorektal akan tertekuk sehingga menghambat proses pengeluaran feses.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk menggunakan kloset jongkok. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit dalam organ pencernaan. Awal dari gejala penyakit pencernaan ini biasanya diawali dengan sulitnya buang air besar sehingga kita harus mengejan dengan maksimal. Semakin lama kita menggunakan kloset duduk, semakin mudah pula penyakit seperti pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau wasir menyerang kita.

Bukan hanya dari segi kesehatan organ pencernaan, kloset jongkok juga dinilai lebih bersih dan higenis. Kamu mungkin bisa membayangkan bagaimana kotornya kloset duduk yang digunakan bersama-sama karena si pengguna menggunakan kontak kulit secara langsung dengan kloset.

loading...
loading...
Loading...
Loading...