in

Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Mengejutkan Makan Ceker Ayam

Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Mengejutkan Makan Ceker Ayam
Ceker ayam (dapurmamih.com)

Ceker ayam jadi hidangan favorit di negara-negara Asia. Di Indonesia sendiri, ceker ayam sering diolah jadi berbagai macam hidangan, seperti dijadikan seblak, digoreng, direbus atau di sup. Dan rasanya tak kalah lezat dari bagian paha ayam.

Tapi tahu tidak kalau ceker ayam memiliki banyak manfaat untuk tubuh? Jika tidak tahu, ceker ayam sebenarnya memiliki banyak manfaat mengejutkan karena di dalamnya sangat kaya akan kolagen.

Para peneliti di Departemen Ilmu Pengetahuan Hewan Universitas Nasional Chung-Hsing di Taiwan, menemukan bahwa kaki ayam sangat kaya akan kolagen yang bisa membuat kulit jadi awet muda.

Membuat wajah jadi awet muda karena mencegah penuaan.

Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Mengejutkan Makan Ceker Ayam

Selain jadi sumber kolagen, ceker ayam juga kaya akan asam hyaluronic dan kondroitin sulfat yang keduanya memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Asam hyaluronic berperan penting dalam mempertahankan kelembaban kulit, yang pada akhirnya membantu mencegah penuaan kulit.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih Saja Selama Satu Bulan

Sementara itu, kondroitin sulfat merupakan karbohidrat kompleks yang membantu tulang rawan untuk menyimpan air. Dalam kata lain, kondroitin sulfat mampu mengatasi masalah sendi.

Dalam penelitian lain, seorang dokter hewan bernama Harry Robertson mempelajari potensi ceker ayam dalam meregenerasi neuron, tulang, otot dan jaringan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ceker ayam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka dengan cepat.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tapi ada beberapa orang yang tidak menyukai ceker ayam karena dianggap menjijikan, tidak ada dagingnya atau terlalu banyak kulit.

Beruntunglah buat kalian yang menyukai ceker ayam. Mungkin kamu akan memiliki wajah awet muda dan bersinar.

Source