in

Jangan Suka Makan Mie Instan Mentah, Ini Bahayanya Untuk Kesehatan!

Jangan Suka Makan Mie Instan Mentah, Ini Bahayanya Untuk Kesehatan! 1

Waktu kecil dulu, pernah tidak makan mie instan mentah langsung dari bungkusnya? Jika pernah, berarti masa kecil kalian bahagia. Walau terdengar menjijikan, tapi ngemil mie mentah memang nikmat lho. Mungkin saja kebiasaan ini masih sering kalian lakukan hingga dewasa ini.

Tapi walaupun begitu nikmat dan berkesan, makan mie instan mentah jauh lebih berbahaya ketimbang makan mis instan yang direbus. Pasalnya mie instan itu mengandung bahwan pengawet dan zat berbahaya lainnya yang tidak baik untuk kesehatan. Jika keseringan mengkonsumsinya, kamu bisa terkena kanker dan tekanan darah tinggi lho.

Berikut dilansir Wow Menariknya, ada lima bahaya yang mengancam kesehatan jika kamu sering makan mie instan mentah.

Baca Juga: Ini Alasan Kamu Jangan Makan Nasi dan Mie Instan Bersamaan

1. Menaikan tekanan darah

Kandungan garam dalam mie instan sangat tinggi, terutama pada bagian bumbunya. Karena kandungan garamnya sangat tinggi, mie instan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal itu disebabkan oleh kandungan garam, lemak dan minyak yang bersatu membentuk gumpalan yang pada akhirnya menghalangi peredaran darah. Ini berlaku bagi mie instan yang direbus, apalagi jika tidak direbus terlebih dahulu.

2. Menyebabkan luka pada usus

Tekstur mie lumayan keras bila tidak direbus dulu. Jika kamu suka menyantapnya mentah-mentah, mie tersebut dapat melukai dinding usus kamu. Selain itu, kandungan garam dan zat pengawet dalam mie juga dapat merusak usus jika dilakukan dalam jangka panjang.

3. Menyebabkan sakit tenggorokan

Makan mie instan mentah dapat menyebabkan tenggorokan kamu jadi sakit. Kandungan zat MSG dan bahan pengawet dalam mie instan nantinya akan melekat pada dinding saluran kerongkongan. Akibatnya tenggorokan jadi gatal, serak dan bahkan nyeri. Jika kebiasaan ini terus dilanjutkan, kamu bisa terkena infeksi saluran tenggorokan.

Baca Juga: 4 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Terlalu Banyak Makan Mie Instan

4. Menyebabkan kanker

Bumbu yang terdapat pada mie instan mengandung zat yang berisiko menyebabkan kanker. Selain bumbunya, mie nya juga mengandung zat pengawet yang sudah terbukti dapat menyebabkan kanker. Jika dikonsumsi tanpa melalui proses perebusan, maka zat-zat berbahaya itu tidak akan terkikis, sehingga risiko terkena kanker jadi jauh lebih besar.

5. Menaikan kolesterol

Baik makan mie instan yang direbus atau mentah, keduanya sama-sama bisa menaikan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Terlalu tinggi kolesterol dapat menyebabkan stroke dan gagal jantung. Oleh karena itu, jangan terlalu sering makan mie instan.

Loading...
Loading...