Health

Jangan Sepelekan 4 Perubahan Tubuh Ini! Jika Tidak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Jangan Sepelekan 4 Perubahan Tubuh Ini! Jika Tidak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Kamu pasti pernah merasakan perubahan pada tubuhmu. Misalnya, kulit tiba-tiba kering, sakit tenggorokan, benjolan di tempat-tempat tertentu, dan perubahan tubuh lainnya.

Jika kamu sering merasakan ada perubahan pada tubuhmu, sebaiknya kamu berhati-hati karena ada beberapa perubahan tubuh yang menunjukan kesehatan seseorang. Kalau kamu mengalami perubahan tubuh seperti di bawah ini, nampaknya kamu perlu menghubungi ahli kesehatan.

1.Rambut rontok

Jangan Sepelekan 4 Perubahan Tubuh Ini! Jika Tidak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Rambut rontok sebenarnya normal. Hal ini dikarenakan rambut memiliki usia dimana ia akan rontok dan rapuh. Rambut rontok juga bisa diakibatkan karena penggunaan sampo yang salah.

Beda cerita jika kamu memiliki masalah rambut yang parah meski sudah menggunakan perawatan. Rambut rontok bisa menjadi tanda penyakit infeksi kulit, gangguan autoimun, stres, sampai gangguan tiroid. Kerontokan rambut yang disertai ketombe parah juga bisa menjadi tanda ada jamur yang tumbuh di kulit kepalamu.

2. Bibir pecah-pecah

Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

Cuaca panas dan jarang menggunakan pelembab bibir bisa menjadi alasan bibir menjadi pecah-pecah. Kesalahan dalam penggunaan produk untuk bibir juga bisa menjadi alasan bibir pecah-pecah.

Tapi kamu tak bisa sepelekan perubahan tubuh satu ini karena bisa menjadi tanda kamu mengalami gejala penyakit autoimun yang disebut sindrom sjorgen. Bukan hanya bibir, gejala dari sindrom ini adalah keringnya beberapa bagian tubuh lain seperti mata, mulut, dan mengalami gangguan pencernaan.

3. Noda pada gigi

Jangan Sepelekan 4 Perubahan Tubuh Ini! Jika Tidak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Timbulnya noda putih pada gigi disebut fluorosis. Fluorosis adalah sebuah penyakit pada gigi setelah atau sebekum tumbuh gigi. Fluorosis sendiri terbagi menjadi 5 klasifikasi tergantung seberapa parah dampak yang diakibatkan.

Tiga klasifikasi pertama disebut fluorosis diragukan, sangat ringan, ringan. Tiga klasifikasi ini hanya akan menyebabkan noda-noda putih pada gigi. Sedangkan dua klasifikasi lainnya disebut sedang dan berat. Dua klasifikasi ini bisa menyebabkan jaringan gigi membusuk dan gigi mulai hancur.

4. Perubahan pada kuku

Jangan Sepelekan 4 Perubahan Tubuh Ini! Jika Tidak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Kuku bisa menjadi salah satu anggota tubuh yang bisa menunjukan kesehatan seseorang. Kuku yang sehat bisa menjadi tanda tubuh juga sehat. Jika kamu mengalami perubahan pada anggota tubuh satu ini, kamu perlu waspada.

Penyakit anemia bisa ditandai dengan kuku yang terlihat pucat dan tipis. Sedangkan penyakit hati, saluran lambung dan infeksi jamur bisa ditandai dengan kuku yang berubah warna menjadi kuning. Jika kamu menemukan garis-garis atau titik-titk putih pada kukumu, bisa jadi kamu sedang mengalami kekurangan zinc, copper dan yodium. Jika kukumu sangat rapuh, bisa jadi kukumu kekurangan vitamin, kalsium, zat besi, dan beta karoten.

Nah, itulah beberapa perubahan pada tubuh yang bisa menunjukan keadaan kesehatan seseorang. Dari empat perubahan tubuh di atas, mana yang sedang kamu alami? Semoga tidak ada ya!

To Top