in

Jangan Langsung Bereskan Tempat Tidur Sesudah Bangun, Ini Bahayanya!

Sejak kecil, kita sudah diajarkan sama ibu untuk selalu merapikan tempat tidur setelah bangun. Sebab tempat tidur yang acak-acakan tidak enak dipandang dan berkesan tidak rapih serta jorok. Mau tak mau, kita pun terpaksa membereskan tempat tidur daripada harus mendengar omelan ibu.

Dan pada akhirnya, membereskan tempat tidur setelah bangun sudah jadi kebiasaan yang umum dilakukan kebanyakan orang, kecuali cowok pemalas. Tapi tahu tidak kalau membereskan tempat tidur setelah bangun justru kurang baik, dan malah yang baik itu dibiarkan saja dulu acak-acakan untuk sementara waktu?

Menurut penelitian terbaru menganjurkan untuk tidak membereskan tempat tidur sesudah tidur. Kenapa? Membereskan tempat tidur di pagi hari setelah bangun tidur disinyalir dapat memancing munculnya kuman.

loading...

Baca Juga: Manfaat Sehat Minum 4 Gelas Air Setelah Bangun Tidur

Kuman apa yah?

Yakni tungau debu atau sejenis kutu yang sangat kecil yang biasa hidup di kasur atau perlengkapan mebel lainnya. Di malam hari ketika tidur, ada sekitar 1,5 juta tungau debu yang berkeliaran di kasur kita. Kutu yang satu ini dapat mengganggu saluran pernapasan dan memicu timbulnya penyakit kulit.

Penelitian Dr. Stephen Pretlove dari Kingston University menyatakan bahwa kasur yang tidak dirapikan akan mencegah tungau debu hinggap di kasur. Tungau dapat berkembang biak di tempat yang lembap, oleh karena itu saat selimut dan sprei terbuka maka kelembapan pada kasur dapat berkurang.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Anda Tidur Tanpa Menggunakan Bantal?

Untuk cara pencegahan lain, balikanlah bantal setelah digunakan. Bantal yang dibalik setelah digunakan dapat menurunkan tingkat kelembapan dan menerbangkan bibit-bibit tungau yang ada.

Jadi, gak ada salahnya juga menunda merapikan tempat tidur. Ternyata itu ada baiknya juga lho untuk kesehatan kita semua.

loading...
Loading...
Loading...