in

Jangan Asal Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya!

Jangan Asal Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya! 1

Ketika bulu hidung sudah mulai panjang hingga keluar dari lubang hidung, kalian pasti mencabutnya karena bisa mengganggu penampilan. Tapi tahukah kalian kalau mencabut bulu hidung secara asal-asalan itu bahaya sekali lho?

Pasti kebanyakan orang tidak mengetahuinya karena terlihat sepele. Namun mulai sekarang pertimbangkan kembali untuk mencabut bulu hidung secara asal-asalan jika sudah mengetahui bahayanya.

Penasaran apa saja bahaya yang ditimbulkan dari sekedar mencabut bulu hidung? Berikut lima bahaya mencabut bulu hidung secara asal-asalan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat

1. Mimisan

Kebiasaan mencabut bulu hidung ternyata dapat menyebabkan mimisan. Jika mencabut bulu hidung tidak dilakuan dengan hati-hati, hal itu dapat mengenai sumber pembuluh darah di dalam rongga hidung. Sehingga darah akan mengalir melalui hidung atau lebih kita kenal dengan istilah mimisan.

2. Pembengkakan pada hidung

Sering mencabut bulu hidung dapat menyebabkan infeksi dan peradangan pada rongga hidung. Akibatnya hidung mengalami pembengkakan. Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Kalau dibiarkan takutnya pembengkakan malah semakin parah dan hidung kamu akan terasa sakit sekali.

3. Menyebabkan munculnya jerawat dalam hidung

Terjadinya kontak langsung tangan dan lapisan hidung ketika mencabut bulu hidung dapat menyebabkan bakteri dan kuman masuk. Jerawat kecil pun bisa saja muncul dalam hidung. Kamu nanti akan merasa tidak nyaman jika ada jerawat dalam hidung karena menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga: Bahaya! Jangan Menyentuh 5 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan

4. Sakit kepala

Luka pada rongga hidung yang sudah terinfeksi dapat menyebabkan sakit kepala karena bakteri dan kuman yang menyebar melalui pembuluh darah sudah sampai ke otak. Efek sakit kepalanya pun bisa berlangsung lama jika tidak segera ditangani ke dokter.

5. Perforasi Septum

Ini adalah kondisi kerusakan pada bagian rongga hidung. Kerusakan tersebut dapat berupa keluarnya darah, luka terbuka hingga infeksi. Kondisi ini tentunya akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada hidung.

Nah itulah bahaya mencabut bulu hidung yang jarang diketahui orang. Mulai sekarang jangan asal-asalan ketika mencabut bulu hidung jika tidak ingin mendapatkan masalah serius.

Loading...
Loading...