Health

Inilah 5 Tips Mencegah Nyeri Sendiri

pengertian dari sendi

Agar kita bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar, tentunya kita harus memiliki sendi yang sehat dan kuat. Pengertian dari sendi itu sendiri adalah perhubungan antar tulang, sehingga tubuh dapat digerakan. Jadi semakin sehat sendi, semakin nyaman kita bergerak.

Akan tetapi ada kalanya sendi terasa nyeri atau pegal. Hal itu biasanya disebabkan karena kecapean, kurang olahraga atau terlalu banyak melakukan aktivitas yang bisa membebani sendi tubuh. Apa lagi yang sudahlanjut usia, kebanyakan sering sekali mengalami rasa sakit pada bagian-bagian sendi tertentu. Oleh karena itu, orang tua tidak bisa bergerak dengan cepat seperti yang muda-muda karena sendinya sudah tidak seperti semula.

Dengan bertambahnya usia, berat badan atau terjadi cedera bisa menyebabkan sendi cepat rusak. Hal ini dapat menyebabkan nyeri sendi yang sangat tidak nyaman. Cara terbaik untuk mencegah nyeri sendi adalah dengan banyak melakukan sesuatu yang tidak terlalu membebani sendi. Berikut ini ada 5 tips mencegah nyeri sendi yang sudah dihimpun Wow Menariknya.

1. Menguatkan otot

Otot yang kuat bisa memberikan perlindungan pada sendi-sendi tubuh. Jika otot tidak cukup kuat, beban yang dihasilkan dari gerakan tubuh bisa langsung berdampak pada sendi, termasuk di bagian lutut, pinggul dan tulang belakang.

Anda bisa mulai rutin melatih otot dengan banyak melakukan latihan beban. Tapi ingat, latihannya harus tetap teratur. Jadi pastikan Anda menghindari latihan tanpa arahan yang jelas karena melakukan latihan yang salah malah bisa membuat otot jadi cedera. Mungkin Anda bisa berlatih dengan pemilik gym atau semacamnya.

2. Gunakan pelindung

Jika anda sering mengalami nyeri sendi, sebaiknya anda lakukan tindakan pencegahan sebelum rasa nyeri itu kembali lagi. Gunakan aksesoris untuk melindungi sendi seperti bantalan pada pergelangan kaki, lutut atau siku.

Ketika anda berolahraga, bersepeda atau melakukan aktivitas apapun yang dapat membebani tubuh, pastikan selalu menggunakan pelindung untuk mencegah nyeri sendi.

Setidaknya dengan pelindung, anda bisa mengurangi rasa nyeri yang akan datang. Dan lebih baiknya bisa melindungi sendi dan otot jika seandainya terjadi cedera karena kecelakaan.

3. Postur tubuh harus dalam posisi yang benar

Ketika anda duduk dengan postur tubuh yang tidak benar, hal itu bisa membuat sendi rusak untuk jangka waktu panjang. Dengan berdiri dan duduk secara tegak selama bekerja, hal itu membantu melindungi sendi. Begitu juga postur tubuh saat membawa barang, pastikan selalu gunakan postur tubuh yang tegak.

Misalnya saja saat anda membawa tas di punggung. Jangan sampai disampirkan di satu bahu karena beban bahu yang satu lagi akan lebih berat. Tapi jika disampirkan pada dua bahu, beban yang ditanggung tidak akan terlalu berat. Begitu pula saat mengangkat barang yang lumayan berat, jangan sampai postur tubuhnya terbebani karena beban yang ditanggung terlalu berat.

4. Rutin berolahraga

Sendi itu jika terlalu dibebani dengan banyak gerakan akan rusak, tapi jika tidak bergerak sama pula sendi akan rusak. Untuk menghindari hal itu, anda harus rutin berolahraga karena bisa membuat tubuh tetap bugar dan mengurangi beban tubuh anda.

Menurut ahli ortopedia dan peneliti, olahraga seperti aerobik, kardio, berenang dan bersepda ternyata dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi. Jika kurang memungkinkan, lakukanlah jalan santai, yang penting tubuh anda begerak, jangan sampai seharian hanya diam saja.

Apalagi anda langka berolahraga tapi rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, alhasil berat tubuh anda bisa bertambah dan beban yang dipikul sendi pun akan semakin berat.

5. Jaga pola makan sehat

Latihan saja tidak cukup untuk membuat sendi tetap sehat, anda juga perlu mengkonsumsi asupan yang dapat memperkuat sendi anda. Banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, vitamin B dan jangan lupa anda harus banyak minum karena dapat membuat sendi tetap sehat dan terjaga.

Itulah beberapa tips untuk mencegah nyeri sendi. Kita bisa memulai mengurangi rasa nyeri pada sendi dengan melakukan aktivitas yang dapat membuat sendi semakin kuat dan sehat. Dengan begitu rasa nyeri atau pegal di bagian sendi sudah tidak akan terasi lagi.

To Top