in

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Minum Air Gula

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Minum Air Gula
Minum air gula (Foto: Bright Side)

Karbohidrat mampu meningkatkan kinerja atletik dan memaksimalkan daya tahan. Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Manusia AS, kita umumnya mendapatkan gula harian dari minuman ringan sebesar 33% dan minuman buah sebesar 10%.

Lalu bagaimana dengan air gula biasa (air minum biasa yang dicampur gula)? Dilansir dari Bright Side, ada beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh jika kita rutin minum air gula yang tidak banyak diketahui.

Air gula memberikan dorongan energi yang cepat

Meskipun menurut pakar kesehatan terlalu banyak makan gula buruk untuk kesehatan, tapi ada kalanya kita butuh asupan energi dalam waktu cepat. Salah satu caranya yaitu dengan minum air gula.

loading...

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Kamu Rutin Jalan Kaki 30 Menit Sehari

Saat meminum air gula, tubuh kita menyerap molekul gula ke dalam aliran darah di mana sel-sel tubuh akan mengambilnya dan kemudian diubah jadi energi. Menurut penelitian, air gula bisa jadi sumber energi yang lebih baik dari minuman manis di toko-toko.

Cara membuat air gula

Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukan gula ke dalam air putih lalu mengaduknya hingga rasa air tersebut jadi manis.

Air gula mengandung sukrosa, sementara minuman manis lainnya mengandung glukosa. Sukrosa sendiri adalah disakarida yang terdiri dari 2 molekul, glukosa dan fruktosa. Menurut sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa cara tubuh menggunakan sukrosa lebih efisien lagi dibandingkan molekul gula lainnya.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih Saja Selama Satu Bulan

Alasan air gula lebih sehat dibandingkan minuman manis lainnya

Jus buah, minuman energi, semuanya memiliki komponen yang sama dengan air gula. Tapi sebenarnya itu tidak benar, ada perbedaan signifikan antara air gula dan minuman manis lainnya.

Minuman manis yang dijual di toko-toko atau warung mengandung bahan tambahan seperti kafein, penyedap makanan, dan pewarna. Dampaknya bisa menyebabkan perut jadi tidak nyaman.

Sedangkan air gula biasa dibuat dengan cara yang sangat mudah oleh tangan sendiri tanpa ada bahan tambahan lain. Air gula lebih mudah dicerna usus dibandingkan dengan minuman manis lainnya.

Jadi air gula sangat cocok diminum ketika Anda hendak melakukan aktivitas atau olahraga berat yang membutuhkan banyak energi.

loading...
loading...
Loading...
Loading...