in

Ini Penyebab Kulit Tangan Sering Mengelupas

Penyebab Kulit Tangan Sering Mengelupas
Kulit tangan mengelupas (Foto: alodokter.com)

Kulit bagian tangan kadang kala suka mengelupas seperti ganti kulit. Terutama saat musim kemarau, kulit tangan Anda pasti sering sekali mengalami pengelupasan.

Memang kondisi ini sudah biasa terjadi dan tak ada yang perlu dikhawatirkan. Dalam waktu beberapa minggu saja, kulit yang mengelupas akan terganti oleh yang baru. Namun ada juga yang mengalami gatal dan lecet sehingga menyebabkan luka.

Lantas apa yang menyebabkan kulit tangan sering mengelupas? Ternyata penyebabnya hanya ada dua hal saja, berikut penjelasannya!

loading...

Baca Juga: Ini Dia Daftar Produk Perawatan Kulit yang Dilarang Dokter

Kekuragan vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa memperlembat metabolisme tubuh dan menyebabkan sel kulit jadi mati. Untuk meregenerasi kembali kulit tangan, sel kulit yang mati akan mengelupas dan akan diganti dengan yang baru, namun perlu waktu yang lama. Jadi perbanyakanlah mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk, lemon dan buah-buahan lainnya.

Mungkin saja karena mencuci

Mencuci piring, pakaian dengan sabun atau deterjen dapat membuat kulit jadi rusak dan mengelupas. Jika kamu terlalu lama melakukan pekerjaan seperti ini, tak menutup kemungkinan kulit tangan kamu jadi mudah mengelupas.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Ketiak Yang Gelap

Kondisi cuaca

Kondisi cuaca dan kelembaban udara dapat mempengaruhi kondisi kulit. Terutama saat musim panas, kulit akan mudah kering dan sel-sel kulitnya jadi mati karena kekurangan vitamin. Untuk mencegahnya, kamu harus mengimbanginya dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan jangan lupa banyak minum.

Cara mencegah tangan mengelupas:

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tangan mengelupas. Salah satunya kamu harus menggunakan pelembab atau lotion pada kulit untuk menjaganya tetap sehat.

loading...
loading...
Loading...
Loading...