in ,

Ini Manfaat Sehat Mengucapkan Alhamdulillah

Ini Manfaat Sehat Mengucapkan Alhamdulillah 1

Sebagai seorang muslim kita pasti sering mendengar kalimat “alhamdulillah” yang artinya segala puji bagi Allah. Setiap kita mendapatkan kebahagiaan atau cobaan, kata alhamdulillah harus senantiasa terucap di hati kita sebagai bentuk rasa syukur terhadap ketentuan Allah yang menimpa kita.

Dengan mengucapkan alhamdulillah di saat mendapatkan kebahagiaan, kita meyakini bahwa semua kebahagiaan itu datang dari Allah dan kita akan termasuk golongan orang bersyukur. Ketika kita mengucapkan alhamdulillah di saat mendapatkan musibah, kita meyakini bahwa musibah itu datang atas izin Allah dan kita termasuk golongan orang yang besabar.

Mengucapkan alhamdulillah bisa membawa ketenangan dalam hati. Ketika bahagia, kita tidak akan lupa dan sombong, dan ketika mendapatkan musibah kita akan diberikan kesabaran. Banyak keunggulan dari sekedar mengucapkan alhamdulillah.

Jika dilihat dari sisi ilmiah, mengucapkan alhamdulillah bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, senantiasalah mengucapkan alhamdulillah di saat mendapatkan kebahagiaan maupun musibah.

Menyembuhkan berbagai macam penyakit

Stres bisa disebabkan karena pikiran negatif. Terlalu banyak memikirkan hal negatif bisa membuat otak dan mental tertekan hingga akhirnya menyebabkan stres. Pikiran negatif itu sendiri bisa muncul karena kita tidak menerima suatu keadaan atau tidak puas dengan apa yang sudah kita terima sekarang.

Baca Juga: 4 Hikmah yang Jarang Disyukuri Ketika Rezeki Seret

Dari stres tersebut bisa muncul berbagai macam penyakit mematikan seperti darah tinggi, serangan jantung, kanker dan penyakit lainnya. Para ahli medis juga sepakat kalau kebanyakan penyakit awalnya berawal dari pikiran.

Menurut Dr Ted M Morter, dalam bukunya yang berjudul Your Health Your Choice, pikiran negatif bisa jadi penghasil asam nomor satu dalam tubuh kita. Bila tingkat keasaman tubuh semakin tinggi, maka bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Jika kita terus-terusan memikirkan hal-hal negatif, maka jangan heran bila kebahagiaan dalam diri kita akan hilang. Sebab kondisi kejiwaan kita tidak berada dalam keseimbangan, dimana negatif lebih berat dari positif.

Dengan mengucapkan alhamdulillah, setidaknya kita akan mampu menyingkirkan semua pikiran negatif dalam otak kita. Sebab ketika mengatakan alhamdulillah, kita sudah ikhlas menerima apapun yang menimpa kita sekarang, terutama hal-hal yang tidak enak menurut akal kita.

Sebaliknya, bila kita selalu memikirkan hal-hal positif, maka tubuh akan meresponnya dengan baik. Sehingga tubuh kita akan selalu terjaga kesehatannya.

Hanya dengan rasa bersyukur dan ikhlas, pikiran negatif dalam otak kita akan hilang. Bahkan kita masih bisa merasakan kebahagiaan sesulit apapun masalah yang kita hadapi. Itulah kekuatan dari kalimat alhamdulillah.

Dan oleh sebab itulah Allah memerintahkan kita untuk selalu bersyukur dengan mengucapkan alhamdulillah agar hati kita tetap tenang dan damai. Sebab sudah jadi suratan takdir bahwa setiap manusia yang hidup di dunia ini akan dilibatkan dalam berbagai macam permasalahaan. Allah tidak ingin hamba-hambanya jadi kufur dan berpaling hanya karena mereka mendapatkan kebahagiaan dan permasalahan.

Loading...