in

Ini Bahaya Terlalu Banyak Tidur Siang Saat Puasa

Ini Bahaya Terlalu Banyak Tidur Siang Saat Puasa 1
Foto: rakyatku.com

Selama puasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan energi. Wajar saja bila tubuh terasa lemas dan mungkin kamu bakalan sering menguap. Apalagi saat siang hari, saat perut lagi keroncong-keroncongnya, pengennya pasti tidur.

Tidur siang dianggap jadi solusi untuk mengatasi lapar saat puasa, sekalian ngabuburit menunggu waktu Maghrib. Tidur di bulan puasa juga dianggap ibadah, jadi itulah alasan kenapa banyak orang sering tidur siang saat puasa.

Betul sih tidur di bulan puasa itu termasuk ibadah, tapi bukan berarti kamu harus tidur melulu. Tahu tidak kalau terlalu sering tidur siang selama puasa justru berbahaya untuk kesehatanmu. Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Ini 4 Bahaya Tidur Lagi Setelah Sahur

1. Tubuh akan semakin lemas

Dengan tidur, setidaknya tubuh tidak akan terlalu lemas, tapi lain lagi jika tidurnya kebanyakan. Kalau kamu kebanyakan tidur siang selama puasa, otot-otot tubuh tidak akan bekerja secara maksimal dan akhirnya membuat otot tubuh jadi semakin lemas.

Kalau selama puasa kamu cuma tidur saja, metabolisme tubuhmu tidak akan bekerja secara maksimal dan pasokan energi untuk tubuh pun semakin berkurang.

2. Daya tahan tubuh berkurang

Orang yang keseringan tidur, biasanya memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Semakin lemah daya tahan tubuh, semakin rentan terserang penyakit. Daya tahan tubuh akan terus berkurang jika kamu jarang bergerak. Apalagi saat puasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan, jadi daya tahan tubuh bakalan semakin lemah.

3.  Tubuh jadi gemuk

Puasa memang bisa menurunkan berat badan, tapi jika kerjaanmu cuma tidur saja, jangan harap berat badanmu bakalan berkurang. Karena tubuh tidak digerakan, metabolisme tidak berjalan secara maksimal, lemak pun akan menumpuk dalam tubuhmu dan pada akhirnya bisa menambah berat badanmu.

Loading...
Loading...