in

Ini Alasan Makan Pake Tangan Lebih Sehat Ketimbang Pake Sendok

Ini Alasan Kenapa Makan Pakai Tangan Lebih Sehat
Foto: dokter.id

Pernah mendengar slogan “orang Indonesia itu sukanya makan pake tangan.” Kebanyakan orang Indonesia memang lebih suka makan pake tangan karena dianggap lebih nikmat dan simpel.

Namun seiring berkembangnya zaman menggunakan tangan saat makan tergantikan dengan sendok, garpu atau sumpit. Katanya sih makan menggunakan sendok dan garpu itu lebih bergengsi dan tidak kampungan.

Padahal makan pakai tangan itu gak kampungan kok asalkan tahu waktu aja. Selain itu, kebiasaan ini memiliki banyak manfaat sehat ketimbang makan pake sendok. Kalian pasti tidak tahu yah?

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Ampuh Menghilangkan Stres

Alasan makan pake tangan lebih sehat

Ini Alasan Makan Pake Tangan Lebih Sehat Ketimbang Pake Sendok
Foto: alagraph.com

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menjelaskan bahwa saat makan langsung menggunakan tangan sambil membaca atau menonton akan membuat perut merasa lebih kenyang  dan mengurangi nafsu mengkonsumsi makanan tambahan atau cemilan.

Pencernaan juga akan lebih sehat karena bakteri seperti flora normal yang tedapat pada jari tangan manusia akan memberikan perlindungan dari mikroba berbahaya.

Saat bakteri tersebut masuk dalam tubuh, hal tersebut dapat menjaga kesehatan mulut, kerongkongan dan usus.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Setelah Minum Obat

Bukan hanya itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Critical Nutrition menyebutkan bahwa orang yang mengidap diabetes tipe 2 kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang makan dengan cepat menggunakan alat makan.

Sedangkan mereka yang makan terburu-buru dengan menggunakan tangan langsung tanpa menggunakan alat makan tak mengidap penyakit tersebut.

Meskipun demikian, pastikan Anda mencucui tangan terlebih dahulu sebelum mulai makan dengan menggunakan tangan.

Dan ingat kalau makan sayuran atau makanan yang ada kuahnya jangan pake tangan. Udah gitu aja saran Wow Menariknya.

Loading...