Health

Ini 6 Cara Menambah Berat Badan secara Sehat

Segudang Manfaat Minum Air Dingin untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

Memiliki tubuh ideal adalah idaman semua orang, terutama kaum hawa, nih. Oleh karena itu banyak orang yang rela melakukan diet untuk menurunkan berat badan agar memiliki tubuh yang ramping. Namun, di sisi lain gak semua orang di dunia ini memiliki tubuh berisi. Gak sedikit orang yang menginginkan hal yang sebaliknya.

Nah, kamu termasuk yang mana, nih? Jika kamu termasuk orang yang ingin menambah berat badan artinya kamu wajib baca ini sampai akhir, ya! Sebab menambah berat badan bukan berarti kamu bisa makan sembarangan tanpa aturan dan batasan. Hal itu malah bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Perlu kamu ketahui enam cara menambah berat badan secara sehat, berikut ini.

Baca Juga : Ini Terjadi pada Tubuh Ketika Berhenti Mengonsumsi Karbohidrat

1. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Jika makan tiga kali dalam sehari gak efektif bagi kamu yang ingin menambah berat badan. Ada cara lain yang bisa kamu coba yaitu menambah frekuensi makan dalam sehari sebanyak lima sampai enam kali sehari dengan porsi kecil.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa makan lebih sering dengan porsi kecil sangat membantumu menambah berat badan. Hal ini akan membuatmu merasa kenyang lebih cepat, jadi kamu tidak akan makan banyak sekaligus. Kamu bisa makan sebanyak yang kamu mau selama mendapat mendapatkan kalori yang yang kamu butuhkan, melansir laman Live Strong.

2. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi

Selain makan lebih sering dalam porsi kecil seperti yang dijelaskan tadi, bukan berarti kamu makan dengan sembarangan, ya. Kamu wajib menambahkan makanan bernutrisi tinggi dalam setiap menu makanan sehari-hari, lho!

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, bahwa kamu dapat meningkatkan asupan kalori terutama melalui makanan padat nutrisi. Makanan padat kalori yang direkomendasikan seperti buah alpukat, kentang, jagung, mangga dan kacang-kacangan.

Selain itu daging berprotein tinggi dapat membantumu membangun otot. Sedangkan nutrisi seperti karbohidrat bisa kamu dapatkan dari nasi merah dan biji-bijian lainnya.

3. Konsumsi jus atau smoothie

Selain makanan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah minuman yang kamu konsumsi. Hindari minuman alkohol, bersoda atau minuman manis lainnya. Memang deretan minuman tersebut dapat membuatmu lebih cepat gemuk, tapi untuk jangka panjang sangatlah tidak baik bagi kesehatan, yang ada malah bisa menyebabkan diabetes.

Lebih baik beralih konsumsi jus atau smoothie, selain rasanya yang lezat dan mudah dibuat, minuman ini dapat menambah berat badanmu secara sehat. Daripada menambahkan gula dalam jus atau smoothie, kamu bisa menambahkan kalori seperti protein powder, alpukat, kacang-kacangan, susu dan yoghurt.

4. Konsumsi camilan bernutrisi

Selain makanan untuk menu utama, camilan juga menjadi pilihan alternatif untuk makan di sela-sela waktu yang juga dikaitkan dapat menambah berat badan. Nah, memilih camilan juga gak boleh sembarangan. Hindari memilih camilan seperti gorengan, permen atau kentang goreng. Camilan sehat yang bisa kamu coba seperti kacang.

Melansir Medical News Today, mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat membantumu menambah berat badan dengan aman. Kacang menjadi camilan yang enak dan bisa ditambahkan ke banyak makanan, termasuk salad. Kacang panggang mentah atau kering memiliki manfaat kesehatan paling banyak. Walaupun begitu tetap batasi dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

5. Hindari minum air sebelum makan

Seseorang yang ingin menurunkan berat badan biasanya disarankan untuk minum air sebelum makan. Tetapi beda halnya bagi kamu yang sedang proses menambah berat badan.

Jika kamu minum air sebelum makan, yang ada malah membuat nafsu makanmu menjadi berkurang. Maka dari itu disarankan agar kamu minum air 30 menit setelah makan daripada bersamaan dengan makanan, melansir laman Live Strong.

6. Olahraga rutin

Gak jarang orang beranggapan bahwa olahraga hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Nyatanya gak seperti itu, asalkan kamu melakukannya dengan benar olahraga juga dapat membantumu menambah berat badan secara sehat, kok.

Namun, dalam menambah berat badan minimalkan latihan aerobik dan kardio, karena olahraga tersebut dimaksudkan untuk membakar lemak dan mengencangkan otot, bukan untuk menambah berat badan.

Melansir Healthline, olahraga yang bisa kamu coba untuk menambah berat badan adalah push up, pull up (bergelantung), squats (jongkok bangun), bench press, lunges dan overhead press.

Nah, itulah tadi beberapa cara menambah berat badan secara sehat. Kira-kira yang mana belum kamu lakukan, nih? Yang menyebabkan gak ada perubahan pada berat badanmu selama ini. Namun, jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas dan tetap tak ada hasilnya, lebih baik segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan medis yang tepat.

To Top