Health

Ingin Sehat Tanpa Ribet? Coba Minum Minuman Sehat Berikut

Ingin Sehat Tanpa Ribet? Coba Minum Minuman Sehat Berikut

Cuaca yang panas dan terik merupakan hal yang kita hadapi tiap hari di negara tropis seperti Indonesia. Oleh karena itu, melindungi diri dari sengatan udara panas tersebut banyak dilakukan orang.

Salah satu cara lezat dalam mendinginkan diri adalah melalui konsumsi makanan dan minuman. Minum es merupakan cara mudah untuk membuat tubuh menjadi dingin dan segar. Sejumlah minuman tertentu memiliki efek yang bisa membantu dalam mendinginkan diri ini.

Air jeruk atau lemon

Masih ngantuk tapi harus buru-buru berangkat di pagi buta? Segarkan tubuh dan pikiran Anda dengan segelas air lemon atau air jeruk yang kaya akan vitamin! Rasa asamnya tentu akan membuat Anda makin melek. Kandungan vitamin C-nya juga sekaligus membantu meningkatkan stamina tubuh Anda sepanjang hari.

Tak hanya itu. Antioksidan dan mineral yang terkandung dalam air lemon ikut membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga Anda tidak gampang sakit.

Cara membuatnya mudah. Malam sebelumnya Anda bisa membuat infused water dengan memasukkan irisan buah lemon ke dalam sebotol air putih, kemudian dinginkan di kulkas selama Anda tidur. Atau jika ingin yang hangat-hangat, peras air lemon ke dalam secangkir air hangat. Anda bisa tambahkan madu jika ingin rasa yang lebih manis.

Air Kelapa

Jika Anda kurang suka rasa asam atau takut pagi-pagi sakit perut karena minum air lemon, cobalah air kelapa. Air kelapa adalah salah satu alternatif minuman sehat di pagi hari yang punya banyak manfaat buat tubuh.

Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman Anda tidak makan dan minum. Dilansir dari laman Healthline, air kelapa kaya antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Tidak hanya itu. Air kelapa juga menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh. Rutin minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh).

Semua manfaat ini akan lebih baik lagi jika Anda minum air kelapa segar, bukan yang kemasan. Anda bisa membeli stok air kelapa segar dan kemudian simpan di kulkas untuk Anda nikmati setiap hari.

Infused Water

Infused water atau air infus juga merupakan minuman yang menyehatkan. Ini adalah jenis minuman yang dibuat dari air putih, potongan buah, sayuran, atau bahan herbal lainnya. Bila Anda ingin minuman segar namun lebih bergizi, infused water adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa membuat infused water sendiri dengan cara yang cukup mudah. Pertama, siapkan stoples dan buah-buahan yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai selera. Masukkan buah tersebut ke dalam stoples, lalu tambahkan air, dan tutup stoplesnya. Tunggu sekitar 2 jam dan air tersebut sudah bisa dikonsumsi.

Teh Hijau

Salah satu minuman warisan berabad-abad yang lampau dan baik untuk menyehatkan tubuh adalah teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan alami yaitu polifenol yang memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Jika minum teh hijau secara rutin, kulit akan selalu sehat, mencegah kerontokan rambut dan jerawat, membantu proses diet, mengatur tekanan gula darah, juga mencegah kanker.

Selain itu, masih ada beberapa penyakit yang kemungkinannya semakin kecil menyerang Anda bila rutin mengonsumsi teh hijau, di antaranya adalah alzheimer, parkinson, sakit kepala, jantung, dan kolesterol.

Aneka Jus

Jika Anda punya cukup waktu luang di pagi hari, kenapa tidak coba racik segelas jus? Minuman satu ini tidak hanya membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, tapi juga memberikan asupan beragam vitamin dan mineral yang Anda butuhkan sepanjang hari.

Selain itu, tingginya serat dari jus membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi keinginan makan banyak.

Hebatnya lagi, jus adalah minuman sehat yang fleksibel. Anda bisa membuat jus kombinasi beberapa buah, atau kombinasi jus sayuran yang dipadukan dengan buah favorit.

Jika ingin versi yang lebih mengenyangkan, kreasikan jus buat atau sayur favorit sebagai smoothies dengan menambahkan pengental seperti yogurt, susu, bubuk oatmeeal, atau protein powder. Psstt… Jangan tambahkan gula pasir ya! Alternatifnya Anda bisa gunakan madu sebagai pemanis.

To Top