Health

Hilangkan Stres Dengan Mencuci Piring, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Hilangkan Stres Dengan Mencuci Piring, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Mikirin cicilan, pacar yang rewel dan pekerjaan yang numpuk bisa membuat kamu stres. Ada banyak cara untuk mengatasi stres, salah satu cara paling ampuh adalah dengan pergi berlibur ke tempat-tempat sejuk yang indah. Namun sayang, cicilan aja belum ke bayar, apalagi pergi liburan, uang dari mana?

Traveling untuk menenangkan pikiran tentunya butuh modal. Karena gak ada uang, kamu pun terpaksa diam di rumah sambil mikirin masalah yang belum selesai. Alhasil beban pikiran semakin bertambah, stres yang kamu alami semakin menjadi-jadi.

Daripada diam di rumah mikirin masalah yang tak kunjung selesai, lebih baik kamu bantu pekerjaan rumah seperti mencuci piring yang kotor. Udah tahu sedang stres, malah disuruh nyuci piring, nanti bisa gila donk!

Sabar dulu, kalian belum tahu kalau mencuci piring dapat menghilangkan stres. Percaya atau tidak, ini sudah dibuktikan oleh penelitian lho.

Baca Juga: 6 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Sedang Stres Berat

Mencuci piring dapat hilangkan stres.

hilangkan stres

Foto: pixabay.com

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Florida State University, menjelaskan bahwa mencuci piring secara signifikan dapat menurunkan tingkat stres jika dilakukan dengan sabar.

Penelitian tersebut melibatkan 51 siswa yang ditugaskan untuk mencuci piring. Setengah dari peserta ditugaskan mencuci piring dengan penuh kesabaran, perhatian dan ketelitian, sedangkan setengahnya lagi disuruh mencuci piring secara agresif.

Para peneliti menemukan bahwa para siswa yang mencuci piring dengan sabar, mereka fokus pada aroma sabun yang wangi dan air yang digunakan untuk membasuh piring. Hal ini dapat meningkatkan inspirasi sebesar 25% dan menurunkan tingkat kegugupan sebesar 27%.

Baca Juga: 6 Penyakit Mematikan Ini Sebenarnya Disebabkan Karena Sifat Buruk Kita

Aroma sabun yang wangi, suhu air dingin yang terasa di kulit dipercaya dapat merilekskan pikiran dan menghilangkan stres. Namun yang paling penting adalah ketulusan mereka dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Sedangkan para siswa yang mencuci piring dengan agresif dan tidak melakukannya dengan sepenuh hati, mereka sama sekali tidak mendapatkan manfaat apapun. Mereka mencuci piring dalam keadaan hati yang kacau balau, alhasil bukannya meredakan stres, tapi malah membuat mood jadi semakin tidak baik.

Tak hanya mencuci piring saja, para peneliti percaya kalau kita melakukan sebuah pekerjaan dengan penuh kesabaran dan ketulusan, efeknya dapat menurunkan beban pikiran.

Nah daripada malas-malasan di rumah, lebih baik nyuci piring saja biar stres hilang seperti air yang mengalir.

Loading...
Loading...
To Top