in

Hati-Hati Jika Kamu Sering Lapar Saat Malam Hari, Mungkin Ini Penyebabnya!

Hati-Hati Jika Kamu Sering Lapar Saat Malam Hari, Mungkin Ini Penyebabnya! 1
Foto: independent.co.uk

Kamu pernah tiba-tiba merasa lapar di malam hari padahal kamu sebelumnya sudah makan? Setiap orang pasti pernah mengalaminya. Karena rasa lapar tersebut, kamu sulit sekali tidur hingga terpaksa bangun lagi untuk mencari makanan yang bisa mengganjal perut.

Kebanyakan orang pasti menganggap lapar di tengah malam merupakan kondisi natural tubuh yang tidak usah dicemaskan. Namun perlu diketahui, ada penyebabnya kenapa perut kamu terasa keroncongan saat malam hari.

Berikut beberapa penyebab kenapa kamu sering merasa lapar saat malam hari. Kamu harus hati-hati dan segera rubah gaya hidup kamu.

Baca Juga: 5 Hal Bahaya yang Jangan Dilakukan Setelah Makan

1. Stres

Ketika kamu stres, banyak memikirkan permasalahan, secara otomatis produksi hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat. Hormon ini sendiri merupakan jenis hormon steroid yang mempengaruhi bagaimana tubuh merespon stres.

Saat kamu stres, hal itu akan meningkatkan gula darah dan insulin. Dengan menigkatkanya gula darah dalam tubuh kamu, otomatis kamu akan merasa lapar dengan cepat.

Jika kebiasaan makan di malam hari terus berlanjut karena kamu stres, efeknya bisa berbahaya. Stres berkelanjutan dapat menyebabkan darah tinggi hingga gagal jantung.

2. Kekurangan nutrisi

Sering mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung gizi, seperti junk food, maka tubuhmu akan kekurangan nutrisi yang diperlukan setiap harinya. Ketika tubuh kekurangan nutrisi, perut akan meminta makanan lebih untuk mengimbangi nutrisi dalam tubuh.

Kekurangan nutrisi berkelanjutan dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, terutama daya tahan, energi dan kinerja otak dapat terganggu.

Baca Juga: Ini Alasan Kamu Jangan Makan Nasi dan Mie Instan Bersamaan

3. Metabolisme tubuh tidak lancar

Metabolisme yang tidak lancar bisa membuat kamu mudah lapar di malam hari. Karena pencernaan tidak lancar, banyak makanan yang mengendap di dalam perut. Akibatnya tubuh jadi mudah gemuk jika kamu sering makan di tengah malam hari.

4. Pola tidur yang buruk

Kamu sering terjaga di malam hari dikarenakan pola tidur yang buruk. Karena sulit tidur, pikiranmu akan mulai mencari cara agar bisa tidur nyenyak, salah satunya dengan ngemil makanan. Kesimpulannya, orang yang suka makan di malam hari rata-rata mereka memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Loading...
Loading...