in

Hati-Hati, Bahan Kosmetik Ini Bisa Sebabkan Kanker Payudara

Hati-Hati, Bahan Kosmetik Ini Bisa Sebabkan Kanker Payudara

Kebanyakan wanita suka membeli kosmetik tanpa menghiraukan kandungan yang terdapat pada produk tersebut. Hanya karena melihat review artis yang mengatakan produk tersebut bagus, terkadang tanpa pikir panjang, kita langsung membelinya bukan.

Banyak sekali bahan kosmetik dan skincare yang mengandung bahan berbahaya untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Namun hal tersebut justru membahayakan para konsumen, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Salah satu bahan kosmetik yang berbahaya adalah phthalate. Kandungan phthalate kebanyakan digunakan untuk membuat perkakas rumah tangga berbahan plastik yang berfungsi untuk membuat plastik menjadi fleksibel dan elastis.

Baca Juga: 11 Kandungan dalam Produk Kosmetik Untuk Atasi Kulit Berjerawat

Lalu mengapa beberapa produk kosmetik atau skincare menggunakan kandungan phthalate?

Hati-Hati, Bahan Kosmetik Ini Bisa Sebabkan Kanker Payudara 1

Ternyata kandungan phthalate pada kosmetik memudahkan penyerapan produk ke dalam kulit dan akan membuat kulit menjadi terasa kenyal.

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa bahan kimia ini dapat mengganggu kinerja hormon endokrin, sehingga dapat menyebabkan adanya gangguan pada kesuburan.

Hasil penelitian lain menyebutkan bahwa zat ini akan mengganggu testosteron dan estradiol, hormon yang memengaruhi perkembangan payudara dan bisa menyebabkan kangker.

Baca Juga: 4 Efek Bahaya yang Mengancam dari Penggunaan Kosmetik

Wanita yang menderita kanker payudara memiliki tingkat phthalate yang lebih tinggi daripada wanita yang tidak memiliki kanker.

Maka dari itu, hati-hatilah dalam membeli produk kecantikan, periksalah selalu kandungan yang terdapat pada produk tersebut pastikan kalau produk kosmetik tersebut tidak mengandung dibutilftalat (DBP), diethylphthalate (DEP) dan dimethylphthalate (DMP).

Selain itu, kita dapat mendeteksi dari aroma yang terdapat pada kosmetik tersebut. Biasanya phthalates juga digunakan untuk membuat aroma dari sebuah produk bertahan lebih lama. Jadi jika kosmetik kamu memiliki aroma yang bertahan lama, kamu warus waspada.

Loading...