in

6 Efek Mengejutkan Tidur Miring Ke Kiri

Efek tidur miring ke kiri
Foto: Dream

Setiap manusia pasti membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian penuh beraktivitas. Dengan tidur, stamina akan kembali pulih sehingga kita siap untuk beraktivitas kembali tanpa harus takut kelelahan.

Sekarang mau bertanya, seperti apa posisi tidur Anda, apakah terlentang, tengkurap, miring ke kiri atau ke kanan? Beruntung yang suka tidur miring ke kiri karena menurut penelitian juga posisi tidur ini dianggap memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan posisi miring ke kanan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meredakan gejala asam lambung

Tidur miring ke kiri dapat membantu mengurangi gejala asam lambung naik atau dalam istilah medis lebih dikenal sebagai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Biasanya asam lambung suka naik setelah kita mengkonsumsi makanan asam atau pedas.

loading...

Jika asam lambung naik, perut biasanya terasa perih, muntah-muntah hingga membuat dada terasa terbakar. Hal itu dikarenakan karena kadar asam tidak seimbang.

Baca Juga: Makanan yang Jangan Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Ketika Anda tidur menghadap ke kiri, gaya gravitasi akan menarik asam lambung masuk ke dalam perut. Namun jika Anda tidur menghadap ke kanan, asam lambung justru akan dikembalikan ke tenggorokan.

2. Melancarkan pencernaan

Selain itu, posisi tidur ke kiri juga dapat melancarkan pencernaan tubuh karena merangsang aliran empedu.

3. Mengatasi masalah mendengkur

Tidur miring ke kiri juga dapat mengatasi masalah mendengkur. Hal itu dikarenakan otot lidah dan tenggorokan akan selalu dalam posisi terbuka.

4. Mengeluarkan racun dari kelenjar getah bening

Bahkan menurut seorang praktisi pengobatan Ayurveda, John Douillard, menelaskan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri dapat merangsang keluarnya racun dari kelenjar getah bening. Sebab sebagian besar aliran limfatik manusia berada di sebelah kiri.

Baca Juga: 5 Sayur Dan Buah Ini Ternyata Mengandung Racun

5. Menyehatkan otak

Menurut penelitian lain, tidur menghadap ke kiri juga dapat membantu otak mengeluarkan limbah racun. Dengan begitu kondisi otak jadi lebih sehat dan bahkan bisa mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

6. Bagus untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, tidur dengan posisi ke kiri sangat dianjurkan. Karena hal itu bisa memperlancar aliran darah ke jantung, rahim dan terutama janin.

Sahabat Wow Menariknya, itulah beberapa efek mengejutkan tidur miring ke kiri. Dengan posisi tidur ini, diharapkan Anda bisa tidur lebih nyenyak lagi.

loading...
Loading...
Loading...