in

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bahan Tradisional yang Ada di Sekitar Kita

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bahan Tradisional yang Ada di Sekitar Kita 1
Foto: Pixabay

Cara mengobati asam urat bisa dengan menggunakan bahan tradisional yang mudah didapat. Sehingga tak perlu lagi menggunakan obat-obatan kimia.

Misal dengan buah-buahan atau tumbuh-tumbuhan yang biasa dikonsumsi, hal ini tentu tak kalah manjur bila dibandingkan dengan obat kimia.

Asam urat umumnya terjadi karena adanya perubahan gaya hidup, semisal perubahan pola makan yang tidak sehat, termasuk tidak suka olahraga. Kebanyakan penyebab asam urat berasal dari makanan.

Misalnya, terlalu sering makan jeroan atau daging merah. Bahkan konsumsi sayuran seperti kacang-kacangan, kembang kol, bayam atau jamur ternyata juga dapat memicu timbulnya asam urat.

Begitu juga jika Anda terbiasa minum minuman beralkohol, Anda harus hati-hati karena alcohol juga termasuk penyebab asam urat.

Ketika Anda terlalu sering memakan makanan seperti disebutkan di atas, lalu Anda merasakan sakit pada sendi, bisa jadi itu adalah salah satu gejala asam urat.

Rasa sakit pada sendi akibat dari disfungsi ginjal, sehingga kadar asam urat pun menumpuk dan membentuk kristal asam urat. Hal ini akan dirasakan penderita asam urat dengan rasa ngilu pada sendi.

Berbeda jika ginjal Anda sehat, asam urat akan hilang dengan sendirinya saat buang air kecil melalui urin. Namun, saat asam urat tidak keluar maka akan mengendap di dalam tubuh. Akibatnya sendi akan terasa sakit bahkan bisa jadi bengkak.

Baca Juga: 3 Ramuan Untuk Mengurangi Kadar Asam Urat

Kebanyakan orang memilih cara mengobati asam urat dengan memakai obat-obatan kimia. Namun, sebaiknya sebelum mengonsumsi obat-obat tersebut, ada baiknya obati terlebih dahulu dengan cara-cara alami.

Sering mengonsumsi obat kimia tentu tidak bagus juga untuk tubuh. Bukan tidak mungkin efek mengonsumsi obat kimia berlebih justri menimbulkan penyakit baru lainnya.

Dilansir dari sumber harapanrakyat.com, berikut cara mengobati asam urat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dan ada di sekitar kita:

1. Buah Pisang

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bahan Tradisional yang Ada di Sekitar Kita 2
Foto: Pixabay

Biasanya kita mengonsumsi buah pisang sebagai cuci mulut. Namun ternyata buah pisang juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati asam urat.

Pasalnya, dalam buah pisang terkandung potassium yang dapat mengubah kristal asam urat yang menumpuk hingga menjadi encer.

Jadi, jika terasa gejala asam urat lalu mengonsumsi buah pisang maka dapat membantu hingga Kristal asam urat dalam tubuh hancur.

Apabila sudah hancur, maka asam urat akan keluar melalui urin saat kita buang air kecil.

Untuk hasil maksimal, penderita asam urat disarankan mengonsumsi pisang minimal 2 buah dalam satu hari. Hal ini untuk membantu meredakan peradangan pada sendi dan meredakan rasa sakit akibat asam urat.

Sebagai tindakan pencegahan, bisa juga mengonsumsi pisang setiap hari agar terhindar dari penyakit asam urat.

2. Jahe

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bahan Tradisional yang Ada di Sekitar Kita 3
Foto: Pixabay

Cara mengobati asam urat selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Rupanya selain meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga manjur untuk mengobati asam urat.

Jahe yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat adalah jahe merah. Jahe merah ini terkenal karena pedasnya bila dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Selain itu, jahe merah juga kaya nutrisi.

Jahe mengandung anti inflamasi yang bisa membantu mengatasi asam urat. Kandungan anti inflamasi pada jahe memiliki khasiat untuk meredakan rasa nyeri pada sendi yang diakibatkan oleh asam urat.

Baca Juga: 10 Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Diwaspadai

Jahe bukan hanya mampu mengatasi asam urat, namun juga dikenal karena khasiatnya dalam meningkatankan daya tahan tubuh juga mampu melancarkan pencernaan.

Dengan memilih jahe untuk digunakan sebagai obat-obatan alami, maka juga tidak akan menimbulkan efek samping seperti munculnya penyakit lain.

Untuk memanfaatkan jahe sebagai cara mengobati asam urat, pertama dua potong jahe yang sudah dibersihkan dipotong tipis-tipis terlebih dahulu.

Potongan jahe tersebut rebus dengan air mendidih. Tambahkan gula merah pada rebusan air jahe tersebut untuk mengurangi rasa pahitnya.

Setelah air jahe tersebut matang, matikan apinya lalu diamkan beberapa menit sampai air rebusan jahe terasa hangat.
Setelah itu, tuangkan dalam gelas dan Anda bisa meminumnya untuk meredakan gejala asam urat.

3. Lemon

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bahan Tradisional yang Ada di Sekitar Kita 4
Foto: Pixabay

Buah lemon banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang program diet atau mereka yang sedang berusaha mengecilkan perut.

Namun, ternyata buah lemon juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati asam urat. Buah ini cukup familier untuk masyarakat Indonesia. Harganya memang cukup mahal bila dibandingkan buah jeruk lainnya.

Namun banyak kalangan yang mencarinya dan mengonsumsinya dengan alas an kesehatan.vBuah lemon memiliki kandungan vitamin C yang mampu jadi zat antioksidan. Zat inilah yang nantinya bisa menetralkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh.

Konsumsi buah lemon bisa membantu meredakan sakit sendiri dan peradangan yang diakibatkan asam urat.
Caranya Anda bisa menjadikannya minuman dengan memerasnya terlebih dahulu. Air perasan lemon campurkan dengan air hangat, Anda bisa meminumnya untuk membantu mengatasi asam urat.

Minum Air Putih

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bahan Tradisional yang Ada di Sekitar Kita 5
Foto: Pixabay

Minum air putih seringkali disepelekan, namun denan minum air putih ternyata membantu penderita asam urat.

Minum air putih minimal 8 gelas sehari selain dapat mencegah dehidrasi juga akan menjaga urine tetap encer. Hal ini akan membantu mempercepat penyembuhan asam urat.

Selain itu dengan mengonsumsi air putih maka akan mencegah timbulnya Kristal asam urat di dalam tubuh. Pastikan juga Anda tidak menahan diri ketika ingin buang air kecil.

Ketika dalam proses penyembuhan asam urat, maka Anda bisa minum air putih 8 sampai 10 gelas dalam satu hari.

Untuk pencegahan, kita pun bisa membiasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini akan membantu menetralisir asam urat hingga tidak jadi Kristal dalam tubuh.

Nah, itulah cara mengobati asam urat dengan bahan tradisional yang mudah didapatkan di sekitar kita. Sebelum menggunakan obat-obatan kimia, ada baiknya dicoba terlebih dahulu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selamat mencoba.

Loading...
Loading...