in ,

5 Cara Cepat Menyembuhkan Nyeri Otot

5 Cara Cepat Menyembuhkan Nyeri Otot
Foto: Maxshank

Nyeri otot biasanya terjadi 24 sampai 48 jam setelah beraktivitas. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan asam laktat yang menyebabkan otot-otot tubuh jadi syok. Tak heran jika Anda akan merasakan nyeri yang lumayan pedih ketika mengalami nyeri otot.

Seiring berjalannya waktu, memang nyeri otot akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi untuk mencegah cedera otot yang lebih parah lagi, Anda harus segera berupaya untuk menyembuhkannya. Dilansir Wow Menariknya dari Men’s Health, berikut enam cara cepat menyembuhkan nyeri otot.

1. Makan banyak jamur

5 Cara Cepat Menyembuhkan Nyeri Otot
Foto: Solusi Sehatku

Jamur memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif untuk mengurangi nyeri otot. Senyawa anti-inflamasi jamur yang disebut polisakarida dapat mengurangi senyawa sitokin penyebab peradagang.

loading...

2. Lakukan aktivitas ringan

5 Cara Cepat Menyembuhkan Nyeri Otot
Foto: Pixabay

Ketika mengalami nyeri otot, kebanyakan orang lebih memilih istirahat sepenuhnya. Tapi cara ini sebenarnya salah, nyeri otot yang Anda alami akan lama sembuhnya.

Menurut sebuah studi tahun 2018, melakukan aktivitas aktif yang ringan seperti bersepedah atau jalan-jalan dapat meredakan nyeri otot tiga kali lebih cepat dibandingkan orang yang diam sepenuhnya.

3. Dipijat

5 Cara Cepat Menyembuhkan Nyeri Otot
Foto: Pixabay

Menurut sebuah studi tahun 2012, menjelaskan bahwa dipijat setelah beraktivitas secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit karena melepaskan senyawa sitokin. Pada saat yang sama, pijatan merangsang mitokondria dalam sel dan mempromosikan perbaikan sel. Dengan begitu, nyeri di bagian otot akan sembuh dengan cepat.

4. Kompres dengan kantong panas dan es

5 Cara Cepat Menyembuhkan Nyeri Otot
Foto: Fitness Fromen

Mengompres bagian otot yang nyeri dengan kantong panas dipercaya dapat melancarkan peredaran darah di sekitar area yang dikompres. Dengan lancarnya peredaran darah, nyeri otot dapat disembuhkan dengan mudah.

Agar hasilnya maksimal, Anda bisa juga menggunakan kompres panas dan es. Bolak balikan kompres tersebut secara bergantian. Menurut sebuah studi 2015, kompres panas dan es dapat mencegah kerusakan jaringan elastis.

5. Mandi es

5 Cara Cepat Menyembuhkan Nyeri Otot
Foto: Pixabay

Mandi air es terdengar menakutkan bukan? Tapi menurut sebuah studi 2010, mandi es dapat mengurangi pembengkakan dan kerusakan jaringan yang menyebabkan luka di bagian otot. Efek dingin dalam air es tersebut dapat meredakan nyeri otot yang Anda alami.

Nah, itulah beberapa cara cepat menyembuhkan nyeri otot yang sedang Anda derita. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan memaksakan diri melakukan aktivitas berat saat mengalami nyeri otot. Coba lakukan beberapa langkah di atas, pasti nyeri di bagian otot akan sembuh dengan mudah.

loading...
loading...
Loading...
Loading...