in

Betulkah Nasi Bisa Berubah Jadi Racun Setelah 12 Jam Berada di Rice Cooker?

nasi berubah jadi racun di rice cooker

Kalau ada nasi yang masih nyisa, ibu-ibu biasanya suka membiarkan nasi berada dalam rice cooker atau mengahangkannya kembali. Tapi apakah cara itu aman dilakukan, apakah ada dampaknya bagi kesehatan tubuh?

Kebanyakan orang pasti menganggap cara tersebut sah-sah saja. Tapi ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan jika Anda punya kebiasaan menyimpan nasi selama belasan jam dalam rice cooker atau suka menghangatkan nasi keesokan harinya. Berikut penjelasannya yang dihimpun Wow Menariknya dari berbagai sumber.

Menurut Dr. Andry Hartono, nasi sebaiknya dikeluarkan setelah berada dalam rice cooker selama 12 jam. Sebab nasi yang terus menerus dipanaskan akan menghasilkan superoksidasi yang bisa membentuk radikal bebas siperoksid.

Baca Juga: Bahaya, Masak Nasi Seperti Ini Bisa Sebabkan Kanker

Radikal bebas ini memicu inflamasi. Jika radikal bebas ini terus terbentuk, nantinya bisa terjadi mutasi DNA pada stem cell yang menjadikan sel baru untuk mengganti sel lama lama atau yang sudah rusak.

Mutasi ini bisa membuat sel baru menjadi sel kanker yang tak terkontrol regenarinya. Akibatnya tubuhmu berisiko besar terkena kanker.

Tanggapan menurut pakar gizi lainnya.

Nasi berubah jadi racun di rice cooker

Baca Juga: Ini Alasan Kamu Jangan Makan Nasi dan Mie Instan Bersamaan

Menurut spesialis gizi, dr Anna Maurina Singal, MGizi, SpGK, seperti dikutip dari artikel detikHealth, menjelaskan bahwa menyimpan nasi dengan waktu tertentu di rice cooker atau magic jar, tidak terlalu memberikan efek signifikan.

Dia menuturkan proses tanak beras melalui rice cooker dengan waktu tertentu tidak menentukan seseorang akan mengalami peningkatan glukosa darah atau diabetes melitus. Kesimpulannya, dr Anna berpendapat bahwa makan nasi yang sudah disimpan lebih dari 12 jam tidak memberikan efek negatif saat dimakan.

Meskipun demikian, tetap saja nasi tidak boleh dibiarkan terlalu lama, apalagi sampai 24 jam karena rasanya jadi tidak enak dan semakin mengeras. Tentunya nasi yang sudah keras tidak baik untuk pencernaan tubuh.

Loading...