Health

Berhentilah Tidur Dengan Lampu Menyala Sekarang! Jika Tidak Ingin Seperti Ini

Berhentilah Tidur Dengan Lampu Menyala Sekarang! Jika Tidak Ingin Seperti Ini

Bagi sebagian orang, tidur tanpa cahaya atau lampu bisa jadi hal menyeramkan.Padahal, tidur dengan lampu menyala bisa berbahaya bagi kesehatan. Paparan cahaya selama tidur membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih dalam. Alhasil, kita tak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari.

Kualitas tidur yang tidak baik dapat mengakibatkan beberapa risiko penyakit akan menyerang tubuh. Menyalanya lampu di saat tidur dipercaya akan membuat tidur tidak nyenyak.

Sedangkan tidur nyenyak akan berpengaruh pada kesegaran badan ketika bangun. Secara umum para ahli mengatakan bahwa waktu tidur yang baik bagi kesehatan tubuh yaitu sekitar tujuh sampai sembilan jam di malam hari. Berikut merupakan bahaya tidur dengan keadaan lampu menyala.

1. Ganggu Siklus Tidur

Saat tidur, tubuh memroduksi hormon melatonin yang mendukung kualitas tidur. Paparan cahaya, baik lampu, tv, atau gadget dapat dapat menghambat produksi hormon ini. Kekurangan melatonin saat tidur dapat memengaruhi siklus tidur normal. Efek ini bahkan dapat bertahan lama sehingga akan memiliki pola tidur yang kacau tiap hari.

Cahaya terang di malam hari, sekitar tengah malam, dapat mendorong siklus tidur kembali sekitar setengah jam. Ini membuat kamu susah untuk tidur di malam berikutnya. Sebaliknya, cahaya terang di pagi hari, ketika pertama kali bangun, memajukan siklus tidur, membuat kamu merasa ngantuk di pagi hari.

Bagi orang-orang yang tidur dengan paparan cahaya, hasil akhirnya adalah siklus tidur yang tidak teratur dan kondisi kesehatan yang buruk. Hubungan antara penerangan malam hari, gangguan tidur, dan risiko kesehatan juga begitu kuat.

2. Depresi

Riset yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology membuktikan, paparan cahaya di malam hari bisa meningkatkan gejala depresi. Hal ini terjadi karena paparan cahaya di malam hari bisa menganggu jam internal tubuh dan merusak sekresi melatonin yang berpotensi menimbulkan gangguan psikologis.

3. Obesitas

Para peneliti dari Universitas Oxford, Inggris menemukan wanita yang tidur di bawah nyala lampu memungkinkan mereka untuk memiliki index massa tubuh dan pinggang lebih besar daripada wanita yang tidur di tempat gelap. Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology ini menyebut cahaya bisa menurunkan produksi hormon melatonin sehingga mengganggu metabolisme dan pola makan.

4. Insomnia

Gangguan tidur salah satunya insomnia juga disebabkan oleh nyala lampu saat tidur. Sebuah riset menemukan orang yang tidur di bawah nyala lampu cenderung memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang buruk.

5. Kanker

Jika kamu sering tidur dengan lampu menyala, sebaiknya mulai hentikan dari sekarang. Karena bahaya tidur dengan cahaya lampu ini dapat memicu terjadinya penyakit kanker terutama bagi kamu kaum wanita. Kanker yang terjadi akibat tidur dengan lampu menyala adalah kanker payudara dan usus besar.

6. Perubahan hormonal

Tidur dalam kondisi lampu atau televisi menyala bukanlah keputusan baik. Tak hanya televisi, laat elektronik lain seperti komputer atau ponsel sekalipun bisa mengganggu kesehatan termasuk perubahan hormon pada tubuh. Nyala lampu atau alat elektronik memancarkan sinar biru yang dapat mengganggu produksi hormon melatonin.

7. Diabetes tipe 2

Rupanya diabetes memiliki kaitan dengan paparan cahaya di malam hari. Obayashi bersama timnya menemukan penderita diabetes yang terpapar cahaya mengalami kenaikan kadar gula darah. Saat intensitas cahaya ditambah, kadar gula darah naik hingga 51 persen. Gangguan melatonin mengacaukan kadar hormon glukosa dan leptin yang mengatur napsu makan dan glukosa dalam darah.

To Top