Health

Benarkah Sunscreen Sebabkan Jerawat? Berikut Penjelasannya

Benarkah Sunscreen Sebabkan Jerawat? Berikut Penjelasannya

Sunscreen adalah salah satu bagian dari rangkaian skincare sehari-hari. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Kamu tentu sudah tahu jika sinar matahari bisa mengakibatkan masalah pada kulit seperti terbakar, keriput, hingga belang.

Meski perannya sangat penting, ternyata masih banyak yang melewatkan tahapan menggunakan sunscreen. Sunscreen dinilai terlalu berat, terlalu berminyak, dan terlalu merepotkan. Sebenarnya hal ini tidak akan kamu alami jika kamu menggunakan sunscreen dengan benar.

Baca Juga : Berikut Cara Mengatasi Jerawat karena Sering Menggunakan Masker

1. Sebelum memilih sunscreen kamu perlu memperhatikan kandungan di dalamnya.

Benarkah Sunscreen Sebabkan Jerawat? Berikut Penjelasannya

foto: Voice of America

Beberapa jenis kulit mungkin sensitif terhadap kandungan sunscreen sehingga bisa membuat kulit semakin berminyak hingga berjerawat.

Untuk itu, penting untuk kamu memperhatikan kandungan dalam sunscreen. Jangan memilih sunscreen dengan kandungan oxybenzone karena bisa sebabkan alergi. Hindari juga sunscreen yang mengandung octinoxate karena bisa merusak ekosistem laut.

2. Kamu tidak boleh sembarangan mencampur sunscreen.

Benarkah Sunscreen Sebabkan Jerawat? Berikut Penjelasannya

foto: The Vegan Word

Meski sunscreen bisa ditimpa dengan produk lain seperti foundation atau bb cream, hal ini tidak berarti kamu bisa sembarangan mencampurnya. Sunscreen harus kamu gunakan sendiri, tanpa mencampur dengan produk lain. Fungsinya adalah agar sunscreen menyerap dengan baik.

Meski kamu menggunakan foundation atau bb cream ber-SPF, kamu tetap harus menggunakan sunscreen. Hal ini dikarenakan andungan SPF dalam foundation atau bb cream lebih rendah jadi tidak akan efektif melindungi kulit.

3. Kamu sudah membersihkan wajahmu dengan benar?

Benarkah Sunscreen Sebabkan Jerawat? Berikut Penjelasannya

foto: Let’s Face It Australia

Meski bukan kategori makeup, membersihkan sunscreen juga perlu teliti. Jika kamu kurang bersih saat membersihkan sunscreen, minyak dan jerawat bisa menguasai wajahmu.

Sama seperti makeup, kamu perlu melakukan double cleansing saat membersihkan sunscreen. Hal ini bertujuan agar residu sunscreen tidak menyumbat pori-pori kulit dan membuat kulit bermasalah.

4. Jangan lupa masa kadaluarsa sunscreen.

Benarkah Sunscreen Sebabkan Jerawat? Berikut Penjelasannya

foto: Skincare by Alana

Sama seperti makanan, produk skincare dan makeup juga perlu kamu perhatikan tanggal kadaluarsanya. Kandungan dalam sunscreen yang kadaluarsa tentu saja bisa berbahaya bagi kulit karena sudah rusak.

Jadi, perhatikan tanggal kadalaursa sunscreen sebelum memakainya. Pastikan juga kamu menyimpannya dengan benar agar tidak terkontaminasi dengan partikel lain seperti debu.

Banyak jenis sunscreen yang bisa kamu gunakan setiap hari. Kenali dulu jenis kulitmu agar tidak salah memilih ya! Semoga bermanfaat!

To Top