in

Bahaya Minum Sambil Berdiri, Bisa Sebabkan Kematian!

Bahaya Minum Sambil Berdiri, Bisa Sebabkan Kematian! 1
Foto: Islamidia

Minum sambil berdiri kayaknya udah jadi kebiasaan semua orang. Apalagi ketika sedang terburu-buru sambil kehausan, pasti di posisi beridiri kita langsung begitu saja.

Emang apa yang salah? Gak ada yang salah sih, air minum tetap masuk kok ke dalam perut kalian, gak keluar langsung lewat telinga atau hidung. Tapi perlu kalian tahu, minum dengan posisi tubuh berdiri ada bahayanya lho, bahkan bisa menyebabkan kalian segera masuk ke dalam liang lahat.

Gini yah pejelasannya, tubuh kita itu memiliki sfringer, struktur maskuler berotot yang bisa membuka dan menutup agar air kemih bisa lewat. Nah sfringer itu hanya berfungsi ketika duduk, sedangkan ketika kita berdiri tidak akan berfungsi.

Ketika kita minum sambil berdiri, air yang kita minum akan melewati tubuh tanpa disaring oleh sfringer. Seharusnya setiap tetes air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaring yang berbeda pada ginjal.

Baca Juga: Bahaya Air Minum Isi Ulang yang Sering Diabaikan

Karena tak melewati proses penyaringan, air yang masuk tak akan disaring di mana pun. Akibatnya terjadilah pengendapan dalam saluran sepanjang ureter, dimana pengendapan dari limbah ini akan menyebabkan penyakit.

Ini penyakit yang akan kalian dapat jika suka minum sambil berdiri.

Bahaya Minum Sambil Berdiri, Bisa Sebabkan Kematian! 2

Salah satu penyakit yang bisa muncul karena pengendapan itu adalah batu ginjal, tapi bukan berarti ginjal kamu berubah jadi batu yah. Penyakit ini menyebabkan ginjal jadi sangat keras dan tentunya ginjal tidak akan berfungsi dengan baik.

Ditambah lagi kebiasaan buruk ini bisa membuat tubuh jadi tegang dan pusat saraf akan bekerja keras untuk mempertahankan semua otot agar tetap bisa berdiri. Akibatnya tubuh jadi tidak benar mencerna minum atau makan jika dilakukan sambil berdiri.

Baca Juga: Bahaya yang Mengancam Jika Sering Minum Air Dingin

Selain itu, menenggak air sambil berdiri akan berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus.

Nah refleksi saraf tersebut dapat mematikan detak jantung seketika yang bisa menyebabkan kita pingsan atau bahkan mati mendadak jika terjadi secara tiba-tiba. Kata ahli medis juga, 95% luka di lambung dan dinding usus terjadi karena kebiasaan buruk ini.

Mulai sekarang gak ada alasan lagi buat minum sambil berdiri, kecuali kalian ingin mati mendadak. Emang udah bawa amal berapa banyak?

Loading...
Loading...