in

Bahaya, Masak Nasi Seperti Ini Bisa Sebabkan Kanker

Foto: Bacaterus

Masak nasi jadi rutinitas sehari-hari yang biasa dilakukan setiap orang, terutama ibu-ibu rumah tangga atau anak kosan dengan dompet kepepet. Masak nasi terbilang sangat mudah ketimbang harus nanam padinya. Apalagi sekarang ada rice cooker, masak nasi jadi semakin simpel dan mudah.

Walau sangat mudah, gak ada yang menyangka kalau masak nasi dengan cara yang salah ternyata dapat mendatangkan bahaya bagi tubuh kita. Banyak emak-emak yang tidak menyadari bahwa selama ini suka memasak nasi dengan cara yang salah.

loading...

Memang apa bahayanya? Percaya atau tidak, masak nasi dengan cara yang salah ternyata bisa sebabkan kanker. Lalu seperti apa cara masak nasi yang salah itu? Kalau kamu suka masak nasi dengan takaran air yang kurang, ternyata itu cukup berbahaya untuk tubuh karena bisa sebabkan keracunan hingga kanker.

Baca Juga: Ini Alasan Kamu Jangan Makan Nasi dan Mie Instan Bersamaan

Tenang dulu emak-emak jangan langsung protes, begini penjelasannya yah!

Kalau emak masak nasi dengan takaran air yang kurang, nanti bisa menimbulkan senyawa-senyawa berbahaya dari sisa pestisida pada beras.

Itu bukan sekedar gosip Mak, hal tersebut sudah dibuktikan dalam penelitian. Kata seorang ahli dari Queens University Belfast, yang namanya Profesor Andy Meharg, menjelaskan bahwa memasak nasi dengan jumlah air yang kurang bisa menyebabkan risiko terkena stroke dan kanker.

Namun bukan berarti emak dan anak-anak emak akan langsung terkena kanker jika seandainya makan nasi yang dimasak dengan air yang kurang. Efeknya bisa terjadi jika sering dilakukan dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Membuat Nasi yang Lembut

Selain itu, kalau masak nasi tapi airnya sedikit, nanti rasa nasinya jadi tidak enak dan teksturnya bakalan sedikit keras. Gak baik untuk kesehatan lambung dan sistem pencernaan tubuh.

Bagaimana udah paham? Bagus deh kalau udah paham, tapi jangan mentang-mentang tidak boleh dikit airnya, lalu masak nasi pake air sampe segalon, jadi bubur donk Mak nantinya!

loading...
Loading...
Loading...