Health

Bahaya, Makan Telur yang Dimasak Dengan Cara Seperti Ini Bisa Sebabkan Keracunan

Bahaya, Makan Telur yang Dimasak Dengan Cara Seperti Ini Bisa Sebabkan Keracunan

Merebus telur memang sangat mudah, anak kecilpun bisa melakukannya. Namun perlu diperhatikan, merebus telur harus benar-benar matang, tapi di sisi lain merebus telur tidak boleh terlalu matang.

Emangnya kenapa kalau terlalu matang? Banyak mengkonsumsi telur rebus yang terlalu matang ternyata buruk untuk kesehatan. Simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui penjelasannya.

Dilansir dari Times of India, mengkonsumsi telur yang terlalu matang dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan hingga mati lemas.

Baca Juga: Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Rutin Makan 3 Butir Telur Tiap Hari

Hal itu disebabkan oleh kandungan hidrogen sulfida yang berasal dari putih telur dan protein putih telur yang mengandung belerang.

Ketika kandungan tersebut bertemu dengan besi yang terdapat pada putih telur, itu akan membentuk besi sulfida yang akan membuat kuning telur jadi memiliki lapisan hijau.

Semakin lama direbus, semakin tebal lapisan besi sulfida dan semakin tebal juga warna hijau pada kuning telurnya.

Baca Juga: Ini Bahaya di Balik Nikmatnya Telur Setengah Matang

Jika sampai dikonsumsi, akibatnya dapat menyebabkan keracunan makanan hingga mati lemas. Oleh sebab itu, kita harus lebih berhati-hati lagi saat merebus telur. Jangan sampai telurnya direbus terlalu matang.

Meskipun demikian, temuan ini tidak sepenuhnya benar karena kondisi kesehatan seseorang berbeda-beda. Semakin lemah sistem imun seseorang, semakin rentan orang tersebut mengalami keracunan makanan.

Loading...
Loading...
To Top