in

Bahaya, Jangan Simpan Daging Ayam di Rak Kulkas Paling Atas!

Bahaya, Jangan Simpan Daging Ayam di Rak Kulkas Paling Atas!
Foto: her.ie

Kulkas jadi pilihan terbaik untuk menyimpan makanan karena suhu dingin di dalamnya bisa mengawetkan makanan. Termasuk untuk menyimpan daging ayam mentah yang biasanya disimpan di dalam lemari es sebelum dimasak. Namun sebaiknya mulai dari sekarang Anda jangan menyimpan daging ayam di rak kulkas paling atas, kenapa?

Dilansir Daily Mail, nenurut penelitian rak lemari es ternyata mengandung banyak bakteri berbahaya seperti E.Coli, campylobacter dan salmonella dan salah satu penyebab utama keracunan makanan yaitu disebabkan karena kontaminasi silang yang biasa terjadi di dalam kulkas.

Contohnya saja daging ayam mentah yang bisa terkontaminasi dengan bakteri campylobacter yang akibatnya sangat fatal. Bahayanya jika daging ayam tersebut ditempatkan di bagian rak paling atas, yang nantinya air dari daging tersebut akan menetes ke makanan lain di bawahnya. Akibatnya, makanan lain juga bisa ikut terkontaminasi bakteri campylobacter.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Cuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak!

Menyimpan ayam di rak paling atas berpotensi menyebabkan keracunan makanan!

Bahaya, Jangan Simpan Daging Ayam di Rak Kulkas Paling Atas!
Foto: thekitchn.com

Campylobacter merupakan salah satu penyebab keracunan makanan di Inggris, terhitung ada 30 persen dari kasus keracunan makanan. Gejalanya termasuk perut keram, diare, dan demam.

Pada tahun 2008 saja, sekitar 320.000 kasus keracunan makanan telah terjadi, di mana 76 orang di antaranya meninggal dunia. Menurut survei Badan Standar Makanan tahun 2009, menemukan bahwa 65 persen ayam mentah sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Bakteri campylobacter memang bisa terbunuh ketika ayam dimasak, tapi bahayanya adalah ketika ayam yang sudah terkontaminasi di simpan di dalam rak kulkas paling atas. Jadi, untuk mencegah bakteri ini mengontaminasi makanan lain, simpanlah daging ayam di rak paling bawah. Atau simpan daging ayam dalam wadah yang terpisah.

Itulah alasan kenapa Anda jangan menyimpan daging ayam mentah di rak kulkas paling atas.

Loading...
Loading...