in

Bahaya, Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Setelah Minum Obat

Bahaya, Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Setelah Minum Obat 1
Foto: Halodoc

Ketika Anda sakit, pasti Anda suka minum obat, baik itu obat dari apotek atau obat warung. Obat dipercaya dapat menyembuhkan rasa sakit dalam waktu relatif singkat. Namun perlu diperhatikan, jangan asal mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu setelah minum obat.

Pasalnya ada beberapa makanan dan minuman yang cukup bahaya jika dikonsumsi setelah minum obat. Contohnya saja susu, dalam beberapa kasus, ada orang yang sampai sakit parah karena dia minum susu setelah minum obat. Sebab kandungan kalsium dan magnesium dalam susu dapat membuat tubuh Anda tidak mampu memproses anti biotik. Akibatnya obat pun jadi sia-sia dan malah memberikan efek samping.

Selain susu, berikut ada beberapa makanan yang jangan sampai Anda konsumsi setelah minum obat.

Baca Juga: 7 Jenis Obat-Obatan Ini Dapat Membunuh Kamu Dalam Hitungan Menit

1. Cokelat

Cokelat memiliki banyak efek samping jika dikonsumsi setelah minum obat. Jika Anda menggunakan inhibitor monoami oksidase yang biasa digunakan untuk menangkan stres, cokelat malah akan menaikan tekanan darah jadi sangat tinggi. Selain itu, cokelat juga dapat melemahkan efek obat seperti obat tidur dan obat penangan.

2. Vitamin K

Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung dan bayam sangat kaya akan vitamin K yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K setelah minum obat yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah, efeknya justru bisa sebaliknya. Bukannya mencegah, Anda malah berisiko mengalami pembekuan darah.

3. Jeruk

Banyak orang kesulitan menelan obat dengan mengandalkan air. Sebagian lagi ada yang lebih memilih dengan menggunakan buah-buahan seperti jeruk agar obat mudah ditelan. Namun menelan obat yang dikombinasikan dengan jeruk bukanlah pilihan tepat.

Hal itu dikarenakan jeruk mampu mengubah sel-sel tertentu dalam usus untuk bereaksi pada lebih dari 50 jenis obat. Bisa disebut jeruk mampu mengurangi efek obat yang Anda telan.

4. Kopi

Minum kopi setelah minum obat cukup berbahaya. Sebab kandungan kafein dalam kopi mampu meningkatkan efek samping obat dan melemahkan efek dari obat itu sendiri. Bukannya jadi sembuh, Anda bisa mengalami gangguan serius jika minum kopi setelah minum obat. Seperti mual-mual dan sakit kepala.

Loading...