in

Bahaya Air Minum Isi Ulang yang Sering Diabaikan

Bahaya Air Minum Isi Ulang yang Sering Diabaikan 1
Foto Kaskus

Air minum isi ulang banyak dijadikan alternatif karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan air galon asli. Akan tetapi, air galon isi ulang banyak dipertanyakan masalah kebersihannya.

Buktinya saja rasa air minum isi ulang kadang berbeda dengan air masak sendiri atau air galon dari pabrik. Kemungkinan besar hal itu disebabkan karena tingkat kebersihan dan kesamaan (pH) tidak terpantau dengan baik.

Ada bahaya yang mengancam jika kita setiap hari minum air yang diisi ulang. Kebanyakan orang tidak menyadarinya dan lebih cuek saja asalkan harga air murah.

Baca Juga: 4 Efek Bahaya Minum Air dari Botol Plastik

1. Menyebabkan infeksi saluran cerna

Depot air minum isi ulang harus dipastikan kebersihannya untuk menjamin kehigienisan air tersebut. Peralatan yang jarang dibersihkan, ditambah lagi galonnya yang tidak perhatikan kebersihan dan kelayakannya bisa membuat air jadi tidak higienis.

Jika air yang tak layak diminum begitu saja, hal tersebut dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri Escherichia Coli atau E. Coli. Akibatnya bisa menyebabkan mual-mual, muntah hingga diare.

2. Keracunan

Air galon produksi pabrik biasanya jelas darimana sumber airnya. Sedangkan air minum isi ulang kadang tidak jelas darimana sumber airnya. Maka kualitas airnya pun tidak terjamin bebas dari bakteri dan virus. Sehingga jika sering meminumnya dapat meningkatkan risiko keracunan.

Baca Juga: Manfaat Sehat Minum 4 Gelas Air Setelah Bangun Tidur

3. Penyakit lainnya

Jika sumber air yang digunakan di depot sudah tercemar, ditambah lagi kondisi penyimpanan yang terpapar sinar matahari, maka bakteri berbahaya bisa dengan mudah berkembang biak. Hal itu tentunya dapat meningkatkan risiko terkena tifus, disentri, hepatitis dan penyakit lainnya.

Boleh saja Anda membeli air minum isi ulang, asalkan depot tempat Anda membelinya jelas sumber airnya dan juga kebersihannya. Jika merasa tidak yakin, lebih baik beli galon air yang asli saja. Kalau terlalu mahal, alangkah baiknya memasak air sendiri di rumah.

Loading...
Loading...