in

Air Kemasan Atau Air Rebusan, Lebih Sehat Mana?

Air Kemasan Atau Air Rebusan, Lebih Sehat Mana?

Air kemasan bersumber dari mata air pengunungan sehingga memiliki kandungan mineral yang lebih banyak dibandingkan air rebusan sendiri. Selain kandungan mineral yang baik untuk tubuh, air kemasan juga mengandung kalsium, kalium, dan magnesium.

Agar lebih terpercaya bahwa diproses secara higienis dan sangat baik untuk diminum saat memilih produk air kemasan sebaiknya pilihlah produk yang sudah lolos uji SNI dan terdaftar di BPOM.

Air kemasan juga memiliki tanggal kadaluarsa, hal ini untuk mengurangi resiko air terkontaminasi bakteri atau zat beracun dari plastik.

Maka sebaiknya selalu perhatikan tanggal kadaluarsa pada air kemasan. Untuk menjaga kualitas dari air kemasan, hindari paparan sinar matahari langsung.

Baca Juga: Tahu Tidak dari Mana Asal Air Kelapa?

Air rebus tidak selalu sehat

Sedangkan air rebusan sendiri kandungannya sangat bergantung pada sumber air yang digunakan. Air rebusan tidak memiliki kadungan mineral yang beragam seperti air kemasan. Sumber air dilingkungan kita pun berbeda-beda.

Air rebusan yang layak dikonsumsi adalah air yang jernih, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa, dan memiliki kadar pH netral (7).

Uji kelayakan air rebusan bisa kamu lakukan dengan cara membeli alat khusus pemurni air atau melakukan pengujian sederhana dirumah.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Mentimun Untuk Kesehatan

Pengujian sederhana yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara merebus air hingga matang dengan suhu 100 derajat Celcius untuk membunuh bakteri yang ada. Setelah mendidih diamkan dahulu sekitar 5-10 menit sebelum dimatikan.

Kesimpulannya air kemasan dinilai lebih sehat dibandingkan air rebusan. Cuman air kemasan berisiko terkontaminasi zat beracun dari plastik. Sedangkan air rebus dinilai kurang sehat.

Akan tetapi, air rebusan bisa jauh lebih sehat dan aman jika dimasak dengan suhu yang sangat panas.

Loading...
Loading...