Health

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

Ketika kamu kesulitan BAB atau buang air besar, kamu bakal mengalami sejumlah masalah dan juga rasa tak nyaman di perut. Hal ini bahkan juga bisa menghambat aktivitasmu sehari-hari. Untuk mengatasi konstipasi ini, terdapat cara cepat berupa konsumsi obat laksatif yang mudah ditemui di pasaran.

Terdapat sejumlah makanan yang bisa membantu melancarkan buang air besarmu. Makanan ini bisa berupa buah, sayur, minuman, atau juga herbal.  Berbagai makanan tersebut memiliki efek sebagai pencahar yang mampu melunakkan tinja, menyerap air pada usus, dan meningkatkan otot pada saluran pencernaan.

Berikut merupakan deretan makanan yang bisa membantu melancarkan pencernaan

1. Roti gandum

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

Makan makanan yang mengandung serat dipercaya mampu meningkatkan kesehatan usus, terlebih dengan menambah banyak biji-bijian. Apabila kesehatan usus meningkat, maka BAB juga akan menjadi lebih lancar.

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi biji-bijian juga bisa mengurangi risiko kanker usus. Salah satu cara termudah untuk meningkatkan jumlah serat dalam tubuh adalah dengan diet dan banyak mengonsumsi roti gandum.

Dari sepotong roti gandum yang banyak mengandung serat gandum untuk sarapan dan sari gandum untuk makan siang, bisa menjadi alternatif untuk memperlancar BAB.

2. Yoghurt

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

Di dalam usus manusia diisi oleh triliunan bakteri dan ragi yang membuat usus tetap aktif dan sehat. Salah satu cara untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus dengan mengonsumsi yoghurt probiotik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik adalah cara memperlancar BAB yang efektif. Tapi perlu diingat, tidak semua yoghurt mengandung bakteri baik yang ramah bagi usus. Jadi pilihlah yoghurt dengan melihat label pada kemasannya terlebih dahulu.

3. Air Kelapa

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

Photo : IDN Times

Konsumsi air kelapa bisa mengatasi dehidrasi dan membersihkan saluran kencing karena kandungan elektrolit termasuk potassium di dalamnya. Namun pastikan untuk jangan berlebihan meminumnya karena justru bisa menimbulkan masalah lain saat buang air besar.

4. Pepaya

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

Pepaya juga termasuk buah untuk melancarkan BAB yang efektif. Dikenal sebagai pencahar alami, pepaya kaya serat, vitamin C, dan mineral. Kandungan papain buah ini juga efektif mengubah protein menjadi mudah dicerna oleh usus.

5. Buah Plum

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

Buah plum juga merupakan buah untuk melancarkan BAB. Dikenal kaya dengan kandungan serat yang berguna untuk meredakan gangguan BAB. Selain bisa dimakan langsung, buah ini juga bisa dikonsumsi dengan dibuat jus dengan buah lainnya.

6. Beras merah

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

Beras merah dipercaya mampu menjaga sistem pencernaan untuk tetap sehat karena mengandung serat yang tinggi. Selain itu, beras merah juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. Tingginya jumlah serat dalam beras merah juga mampu menjaga kesehatan, meringankan masalah usus seperti sembelit. Jenis serat yang terkandung dalam beras merah, menjauhkan zat kimia yang dapat menyebabkan kanker usus.

7. Bayam

7 Makanan Yang Ampuh Melancarkan BAB

Sayur-sayuran sudah dikenal mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, tidak hanya kesehatan usus saja. Salah satu sayur yang bisa dikonsumsi adalah bayam. Bayam mengandung serat dan magnesium yang baik untuk memperlancar BAB, selain itu penting untuk usus.

Itulah beberapa makanan yang dapat melancarkan pencernaan. Semoga informasi ini dapat membantu kamu tentang masalah pencernaan. Selamat mencoba,,, Jika sakit berlanjut hubungi dokter.

To Top