in

7 Makanan Penyebab Diabetes yang Jarang Disadari

7 Makanan Penyebab Diabetes yang Jarang Disadari
Foto: foody.id

Diabetes dianggap sebagai penyakit yang mematikan karena jika seseorang sudah terkena diabetes, kemungkinan untuk sembuh kembali sangatlah kecil. Satu hal yang bisa dilakukan jika sudah terkena diabetes adalah dengan menjaga asupan makanannya agar penyakit kronis ini tidak semakin parah.

Faktor keturunan juga berpengaruh sebagai penyebab terkena diabetes. Menurut penelitian, keturunan penderita diabetes memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit diabetes dibandingkan dengan mereka yang bukan keturunan penderita diabetes.

Tapi selain itu, penyebab diabetes paling umum adalah makanan yang dikonsumsi. Jadi sangat penting bagi Anda untuk menghindari atau jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan penyebab diabetes. Dilansir Wow Menariknya, berikut 10 makanan pemicu diabetes yang jarang Anda sadari.

1. Daging merah

Daging merah mengandung lemak jenuh dalam jumlah banyak. Semua jenis makanan yang mengandung banyak lemak berisiko meningkatkan diabetes, seperti halanya daging merah yang kaya akan kalori dan kolesterol. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, tubuh akan lebih banyak menyerap lemak dan sulit untuk dicerna. Akibatnya penyumbatan ini bisa menyebabkan diabetes.

Baca Juga: Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan Wanita

2. Ayam goreng

Semua orang pasti sering makan ayam goreng, tapi jika dimakan secara berlebihan akibatnya bisa menyebabkan diabetes. Sebab ayam goreng dibuat dengan campuran bahan lain, seperti garam, minyak dan bahan lainnya yang mengandung kalori tinggi. Jadi konsumsilah ayam goreng sewajarnya, atau lebih baiknya lagi daging ayamnya dikukus atau dipanggang.

3. Nasi putih

Siapa sangka makanan pokok ini ternyata bisa menyebabkan diabetes. Pasalnya nasi mengandung karbohidrat yang sangat tinggi yang akan membuat kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Bagi yang sudah menderita diabetes tipe 2, mau tak mau jangan makan nasi atau mengurangi atau menggantinya dengan makanna lain.

4. Makanan kemasan

Semua jenis makanan yang dikemas cenderung memiliki kadar gula, garam dan pengawet yang tinggi. Di mana hal itu bisa menyebabkan kadar gula dan kolesterol jadi naik. Jika terlalu banyak kolesterol dalam pembuluh darah, maka hal itu bisa menyebabkan peradangan yang menyebabkan diabetes.

5. Junk food

Makanan cepat saji, mie instan, kentang goreng dan makanan rendah gizi lainnya dianggap bisa menyebabkan diabetes. Pasalnya junk food dibuat tanpa memperhatikan bahan-bahan pembuatannya, seperti minyak, pengawet, garam dan gula yang berlebihan. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, maka kadar gula darah akan meningkat dengan mudah. Akibatnya nanti bisa terkena diabetes.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Mie Instan yang Sehat

6. Roti tawar putih

Sama halnya dengan nasi, roti tawar putih juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Roti terbuat dari tepung yang bisa menyebabkan kadar gula naik, sedangkan pati berwarna putih ini mengandung kalori yang sangat tinggi. Karbohidrat dan kalori akan menyatu dan menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Jadi gantilah roti tawar putih dengan roti gandum.

7. Mangga

Buah yang dianggap sehat ini ternyata bisa mendatangkan efek samping yang mengerikan. Karena kandungan karbohidrat di dalamnya yang sangat tinggi, mangga bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi lebih dari lima buah dalam sehari.

Loading...
Loading...