Health

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

Setiap orang mempunyai kebiasaanya masing-masing, namun kebiasaan sehari-hari yang dilakukan tersebut ternyata tidak tepat dan bisa membahayakan kesehatan. Sebagian orang sudah mengetahuinya, pada kenyataannya masih banyak yang tidak tahu akan hal ini. Berikut merupakan kebiasaan keliru yang sering dilakukan.

1. Menepuk Punggung Saat Tersedak

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

Apa yang akan kamu lakukan saat temanmu tersedak? sebagian besar orang akan menepuk – nepuk punggungnya temannya untuk meringankannya. Ternyata cara ini tidak tepat! Jika kamu menepuk – nepuk orang yang tersedak, justru membuat benda yang menyangkut bisa tergelincir ke bawah.

Cara tepat yang harus dilakukan adalah dengan mencondongkan tubuh temanmu kedepan hingga dia batuk. Jika tidak berhasil juga, berikan pukulan ringan di antara tulang belikat. Namun yang harus kamu perhatikan, pastikan teman mu itu mencondongkan tubuhnya kedepan.

2. Mengompres Memar dengan Es Batu

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

Kulit manusia sangat sensitif. Jika kita mengompres luka memar dengan menggunakan es batu Secara langsung, itu akan mengurangi aliran darah dan memperlambat penyembuhan. Bahkan hal buruk lainnya yang terjadi bisa menyebabkan radang dingin.

Hal yang harus dilakukan adalah dengan membungkus es batu dengan handuk atau kain. Kompres es pada area yang memar setelah trauma. Ini akan menjaga kondisi suhu es tidak terlalu dingin dan tidak akan langsung menemper pada luka memar. Jangan mengompres lebih dari 10 menit.

Baca Juga : 11 Kebiasaan Makan Ini Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang

3. Meyikat Gigi Setelah Makan

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

Jika selama ini kamu terbiasa menyikat gigi setelah makan, maka kamu harus menghentika kebiasaan ini. Kebiasaan ini akan merusak enamel atau lapisan pelindung gigi. Alhasil nanti gigi kamu akan cepat menipis dan akhirnya bisa berlubang.

Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah di pagi hari sebelum sarapan. Jika kamu ingin menghilangkan aroma tidak sedap saat setelah makan, sebaiknya kamu berkumur-kumur dengan penyegar mulut. Tunggu sekitar kurang lebih satu jam, setelah itu kamu boleh menyikat gigi.

4. Menghisap Racun Gigitan Ular

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

Pernahkah kamu menemuka kasus gigitan ular berbisa? Sebagian besar orang biasanya menghisap racun gigitan ular untuk mrngrluarkan racun agar tidak bercampur dengan darah. Hal ini di lakukan karena mereka percaya dengan menggunakan cara ini bisa menjadi anti racun.

Namun ternyata menurut penelitian cara itu benar-benar salah kaprah! Cara yang benar dan efektif adalah dengan membarikan korban agar bisa ular tersebut tidak mnyebar ke seluruh tubuh. Langkah selanjutnya adalah dengan cara memanggil ambulan untuk penanganan medis lebih lanjut.

5. Mengangkat Orang Yang Pingsan

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

Ketika ada teman atau seseorang yang mendadak pingsan seringkali orang di dekatnya menangkat tubuh korban. Ternyata hal itu tidak tepat! Faktanya, tekanan darah pada orang yang pingsan akan menurun secara tiba – tiba. Hal itu membuat aliran darah terhambat dan tidak sampai ke otak. Apalagi jika tubuh orang yang pingsan di angkat secara tiba – tiba.

Cara yang tepat untuk menangani orang yang pigsan adalah dengan memposisikan kepalanya lebih rendah di bandingkan dadanya. Baringkan di tempat yang rata dan angkat kaki lebih tinggi dari tubuhnya. Biarkan posisi ini selama beberapa menit, pastikan mereka merasa baik – baik saja sebelum terbangun.

6. Meniup Makanan Yang Masih Panas

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

Seringkali kita menikmati kopi atau makanan dalam keadaan masih panas. Memang tidak bisa di pungkiri menikmati makanan yang masih panas menimbulkan sensasi tersendiri. Makanan atau minuman akan terasa nikmat jia di konsumsi saat masih panas.

Terkadang kita sering meniup makanan atau minuman yang masih panas agar terasa lebih dingin. Ternyata hal seperti itu tidak baik, mengapa demikian? Meniup makanan atau minuman yang masih panas bisa menimbulkan bakteri.

Bakteri itu bisa menimbulkan gigi berlubang atau lebih parah lagi bisa menyerang daya tahan tubuh seseorang, terutama balita. Sebaiknya jangan berikan makanan atau minuman dalam keadaan panas paa balita. Lebih baik tunggu sampai agak dingin.

7. Mengisi Ulang Botol Plastik

7 Kebiasaan Keliru Yang Sering Dilakukan

Ada bahan kimia berbahaya dalam plastik yang disebut BPA. Zat ini larut dalam air dan menumbuhkan bakteri di celah – celah botol. Bakteri ini dapat memicu kesuburan dan kanker. Sebaiknya palstik tersebut di daur ulang dan jangan di gunakan untuk mengisi ulang air minum lainya.

To Top