Health

7 Hal Ini Harus Anda Hindari Agar Memiliki Mental yang Kuat

7 Hal Ini Harus Anda Hindari Agar Memiliki Mental yang Kuat

Mental atau pikiran merupakan cara berpikir manusia untuk dapat belajar dan merespon suatu hal. Kuat atau lemahnya mental seseorang tergantung dari pemikirannya sendiri dan tidak terpengaruh oleh kekuatan fisik.

Ada yang secara fisik kuat, tapi mentalnya lemah, tapi ada juga yang cacat, tapi mentalnya kuat. Perbedaan di antara keduanya bisa dilihat dari semangat hidupnya. Orang yang mentalnya lemah cenderung tidak memiliki semangat hidup, lesu dan tidak ada gairah. Sedangkan yang mentalnya kuat selalu menyikapi segala macam bentuk kehidupan dengan penuh semangat.

Untuk menguatkan mental, Anda perlu belajar banyak hal, terutama soal membuang pemikiran negatif dalam mindset Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda hindari agar memiliki mental yang kuat.

1. Takut sendirian

Rasa takut ditinggalkan oleh orang yang dicintai bisa melemahkan mental Anda. Padahal apa yang Anda takutkan itu belum tentu terjadi. Takut hidup sendirian malah akan mempengaruhi psikologis sehingga Anda selalu merasa sedih dan terpuruk.

Baca Juga: 6 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Jikapun orang-orang mulai meninggalkan Anda, jangan pernah merasa sendirian karena masih ada ayah dan ibu, saudara dan keluarga. Jika Anda benar-benar sudah merasa sendirian, ingatlah Tuhan selalu bersamamu asalkan Anda selalu mengingat-Nya.

2. Iri dan dengki

Tidak senang melihat orang lain mendapatkan kebahagian adalah sikap yang dapat merusak hati dan mental seseorang. Ketika iri dan dengki menguasai hati Anda, maka mental Anda otomatis akan terpengaruhi.

Pikiran Anda akan dipenuhi amarah dan kebencian. Ditakutkannya lagi, Anda bisa mencelakakan seseorang hanya karena iri sama dia.

Ketika orang lain mendapatkan kebahagiaan, Anda seharusnya bersyukur. Andai kata masih ada sedikit rasa iri, segera lawan perasaan negatif tersebut, jangan dibiarkan berlarut-larut.

3. Takut mengambil risiko

Seseorang takut mengambil risiko karena mereka tidak ingin gagal. Ketika seseorang takut gagal, itu artinya mentalnya masih lemah. Berbeda dengan orang yang mentalnya kuat, dia cenderung tidak takut mengambil risiko. Meskipun gagal, dia pasti akan mencoba lagi.

Jangan takut gagal, karena semakin banyak Anda mengalami kegagalan, semakin kuat mental Anda. Ingat, dalam kehidupan ini Anda tidak akan pernah terlepas dari kegagalan. Yang terpenting itu bukan soal berhasilnya, tapi seberapa besar tekad Anda untuk bangkit lagi dari kegagalan.

4. Mengharapkan hasil yang instan

Di dunia ini tidak ada yang instan, semuanya harus diperoleh dengan kerja keras dan kegigihan. Jangan pernah punya pikiran bahwa segala sesuatu itu bisa didapatkan secara instan. Jika punya pemikiran demikian, Anda cenderung menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Contohnya saja koruptor, mereka adalah contoh orang-orang yang mentalnya lemah. Mereka tidak mau bekerja keras untuk jadi kaya dan berharap mendapatkan hasil instan. Karena itulah mereka memilih korupsi agar bisa jadi kaya dengan cepat.

Anda jangan pernah mengharapkan segala sesuatu itu bisa didapatkan secara instan. Orang yang mentalnya kuat pasti tidak punya pikiran demikian.

Baca Juga: 5 Musisi Dunia Ini Ternyata Mengidap Gangguan Mental

5. Lari dari tanggung jawab

Orang yang selalu lari dari tanggung jawabnya adalah tanda kalau dia masih lemah mentalnya. Ketika Anda dihadapkan pada tanggung jawab yang berat, jangan lari, hadapilah meskipun Anda berpikir tidak akan bisa mengembannya.

Urusan berhasil atau tidaknya, gimana nanti. Jika Anda ingin memiliki mental yang kuat, beranilah mengemban tanggung jawab, jangan pernah lari sekalipun dari kenyataan yang harus Anda hadapi.

6. Mudah terpengaruh orang lain

Jika Anda masih mudah terpengaruh oleh omongan buruk orang lain tentang Anda, itu artinya mental Anda masih lemah. Tapi tidak apa-apa, Anda juga manusiawi, pasti ada rasa tersinggung ketika disepelekan oleh orang lain.

Namun yan paling penting Anda terus belajar menguatkan diri agar tidak terpengaruh oleh omongan buruk orang lain. Selama Anda yakin apa yang Anda lakukan itu baik, meskipun semua orang menyalahkanmu, tetaplah maju, kejarlah impianmu.

Karena ketika Anda belum berhasil, orang-orang akan menyepelekanmu. Dan ketika Anda sukses, orang-orang mendadak menghormatimu.

7. Dihantui oleh masa lalu

Selama Anda belum bisa melupakan masa lalu yang pahit, selamanya mental Anda akan lemah. Jangan pernah terpuruk oleh kegagalan di masa lalu, tataplah ke depan karena hidupmu ditentukan mulai dari detik sekarang.

Jika Anda terlalu banyak menoleh ke belakang, takutnya Anda tidak memperhatikan apa yang ada di depan hingga membuat Anda celaka. Filosofinya, apa yang terjadi saat Anda naik kendaraan terlalu banyak melihat spion, sementara di depan tidak diperhatikan?

Lupakan masa lalu, jadikan pembelajaran dan kemudian buka lembaran baru untuk mulai hidup yang lebih baik.

You May Like

Loading...
To Top