Health

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Sariawan yang berbentuk seperti luka berwarna putih ini muncul karena adanya infeksi jamur Candida albicans. Biasanya, orang yang terinfeksi jamur jenis ini sedang menurun kondisi kekebalan tubuhnya. Lidah tergigit sedikit saja bisa menjadi luka yang berujung sariawan.

Selain kondisi yang tidak fit, sariawan juga dapat dipicu oleh alergi makanan, stres, siklus menstruasi, kurangnya kebersihan mulut, atau ketidakseimbangan hormon. Pada anak-anak, sariawan bisa juga timbul karena penyakit tangan, kaki, dan mulut.

Umumnya, sariawan dapat sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. Namun, banyak orang yang tidak mampu menahan rasa perih ketika luka sariawan digunakan untuk makan, minum, maupun berbicara sehingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan obat yang dijual bebas.

Tapi tahukah kamu ada cara mudah yang dapat menghilangkan sariawan dengan cepat, bahan yang digunakanpun sangat mudah untuk di temukan.

1. Berkumur dengan air garam

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Beberapa orang memilih cara meredakan sariawan secara alami dengan cara berkumur dengan air garam. Kendati kandungan dalam air garam tidak bisa serta-merta menggantikan fungsi obat kumur antiseptik, namun kumur dengan air garam kadang mengurangi nyeri seriawan.

Hal yang perlu diperhatikan, jangan menelan kembali sisa kumuran air garam di mulut. Karena pada dasarnya air garam sisa kumuran tersebut sudah terkontaminasi dengan kuman yang ada pada sariawan tersebut.

2. Berkumur dengan air kayu manis

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Kayu manis efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Rebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Setelah air dingin, berkumurlah dan janga di telan air sisa kumuran tersebut.

Khusus untuk Ibu hamil, cara ini tetap boleh dilakukan namun dengan jumlah kayu manis yang tidak terlalu banyak. Kayu manis mengandung kadar vitamin C tinggi yang bisa membahayakan janin jika dikonsumsi terlalu banyak.

3. Gunakan Minyak Kelapa

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Obat sariawan alami berikutnya yang mudah didapatkan dan hasilnya efektif yaitu minyak kelapa. Banyak orang yang menggunakan minyak kelapa untuk mengobati sariawan karena minyak percaya akan khasiatnya. Dan tentunya kelapa sangat mudah untuk didapatkan.

Cara menyembuhkan sariawan dengan minyak kelapa cukup mudah karena kamu hanya perlu mengoleskannya secara langsung pada luka. Hasilnya, luka kemerahan dan nyeri dari sariawan bisa sembuh dengan segera.

4. Kompres dengan kantong teh

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Ternyata kantong teh dapat meredakan sariawan loh. Caranya cukup mudah setelah menyeduh teh celup, jangan buang kantongnya. Kantong teh celup (khususnya teh hitam) yang masih basah dapat meredakan rasa sakit dan peradangan.

Hal ini berkaitan dengan kandungan tannin pada teh. Atau, kamu bisa menggunakan teh celup chamomile yang juga mengandung zat anti radang.

5. Olesi Madu

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Cara menyembuhkan sariawan yang pertama cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan madu. Pilihlah madu murni dan tak diproses dengan suhu tinggi (pasteurisasi) agar tak ada campuran zat-zat lain di dalamnya.

Efektifitas obat sariawan alami ini telah terbukti berdasarkan penelitian karena madu memiliki kandungan yang dapat mencegah infeksi dan luka. Agar hasilnya optimal, oleskan madu di area luka sariawan minimal tiga kali sehari.

6. Kompres Dengan Es Batu

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Cara menyembuhkan sariawan bisa juga dengan memanfaatkan es batu. Penggunaan es batu berfungsi untuk meredakan rasa nyeri serta mengurangi efek peradangan yang ditimbulkan luka sariawan.

Kamu hanya perlu mengulum dan menempelkan bongkahan es batu di tempat luka sariawan selama beberapa menit. Penggunaan obat sariawan alami ini dijamin bisa membantu kamu makan atau minum dengan lebih lancar.

7. Gunakan irisan bawang putih

7 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Lebih populer sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih juga mampu mengobati sariawan. Bawang putih mentah mengandung senyawa alisin yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mencegah aktivitas bakteri di dalam tubuh. Bawang putih yang sudah dicuci bersih dapat langsung dipotong dan dioleskan pada sariawan.

Mungkin akan sedikit ada rasa bau bawang yang kurang sedap. Tapi meskipun begitu bawang putih sangatlah bermafaat bagi kesehatan. Khususnya untuk meredakan rasa perih pada sariawan.

Itulah 7 cara ampuh meredakan sariawan dengan cepat serta menggunakan bahan bahan yang mudah di dapatkan. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

To Top