in

6 Manfaat Sehat Tidur Tanpa Busana

Foto: Pixabay

Tidur menjadi kebutuhan setiap orang. Dengan tidur, tubuh akan beristirahat dan memulihkan kembali tenaga yang sudah terkuras. Tapi tahukah Anda kalau tidur tanpa busana lebih sehat dibandingkan dengan mengenakan pakaian?

Kebanyakan orang memilih mengenakan pakaian ketika tidur. Padahal menurut penelitian, tidur tanpa busana memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Oleh karena itu, mulai dari sekarang coba tidur tanpa memakai busana dan rasakan sendiri manfaatnya. Langsung saja, berikut enam manfaat sehat tidur tanpa busana.

1. Menjaga berat badan tubuh

Turunnya suhu tubuh secara alami saat tidur tanpa mengenakan busana dapat menurunkan kortisol. Efeknya bangun lebih segar karena kadar kortisol akan menurun pukul 10 malam dan dihasilkan kembali setelah lewat pukul 2 pagi. Produksi kortisol yang baik akan membuat tubuh menekan nafsu makan.

loading...

Baca Juga: Wahai Tukang Molor, Ini Bahaya Tidur Lebih dari 8 Jam

2. Mencegah diabetes tipe 2

Saat tidur tanpa pakaian, suhu tubuh menjadi lebih rendah yang berkaitan dengan baiknya sistem metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh yang akan mencegah risiko terjangkit diabetes tipe 2.

3. Mencegah insomnia

Karena tubuh lebih rileks dan suhu tubuh menurun, rasa akan kantuk akan datang lebih cepat dan membuat tidur menjadi lebih pulas.

4. Melancarkan aliran darah

Tanpa adanya busana yang melekat, mengikat dan bergesekan dengan tubuh, aliran darah akan menjadi lebih lancar. Sehatnya peredaran darah akan membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung dan otot.

Baca Juga: Manfaat Sehat Minum 4 Gelas Air Setelah Bangun Tidur

5. Mencegah terkena penyakit kulit

Kulit senantiasa lembab dan menjadi tempat hidup jamur serta bakteri. Tidur tanpa busana akan membiarkan kulit bernafas bebas sehingga dapat mengurangi kelembaban dan akan mempengaruhi perkembangbiakan jamur di permukaan kulit.

6. Menghilangkan stres

Tidur tanpa pakaian akan membuat tubuh merasa nyaman dan rileks. Saat tubuh rileks pikiran pun akan jernih dan terhindar dari stres.

loading...
Loading...
Loading...