in

6 Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan

6 Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan
Foto: dreamers.id

Kalian sering berpelukan? Jika jarang, sebaiknya mulai dari sekarang perbanyaklah memeluk atau dipeluk, baik itu sama orang tua, kekasih atau teman. Sebab pelukan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

Tak hanya sekedar untuk menunjukkan rasa peduli atau untuk menghibur, pelukan memiliki banyak manfaat yang tidak kalian sadari. Berikut enam manfaat pelukan bagi kesehatan tubuh dan jiwa Anda.

1. Meredakan rasa sedih

Jika Anda sedang sedih lalu Anda mendapat pelukan dari orang yang dicintai, maka hati Anda akan merasa tentram dan tenang. Setidaknya rasa sedih Anda akan memudar sedikti demi sedikit. Hal itu dikarenakan hangatnya pelukan bisa menentramkan jiwa.

loading...

2. Membuat jantung lebih sehat

Menurut sebuah penelitian di ND University, menemukan bahwa orang yang jarang berkontak fisik seperti pelukan dengan keluarga atau pasangan, maka detak jantungnya akan meningkat sehingga bisa meningkatkan risiko stres dan serangan jantung. Sedangkan bagi orang yang sering berpelukan, detak jantungnya akan jauh lebih tenang sehingga perasaan jadi lebih bahagia.

Baca Juga: Begini Cara Patah Hati Membunuh Anda

3. Membuat tubuh jadi rileks

Pelukan bisa meregangkan otot-otot yang tegang dan melepaskan tekanan dari tubuh kita. Selain itu, pelukan juga bisa menyembuhkan rasa sakit pada jaringan tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah

Perasaan nyaman yang dirasakan ketika berpelukan akan menjadi sinyal pada otak untuk membuat otot dan pembuluh darah lebih rileks. Dengan begitu, tekanan darah Anda bisa turun.

5. Memberikan rasa aman dan menghilangkan rasa takut

Ketika Anda ketakutan karena suatu permasalahan, lalu Anda mendapat pelukan, coba rasakan apa yang terjadi. Rasa cemas Anda akan hilang seketika dan Anda malah akan merasa lebih aman dari sebelumnya.

Baca Juga: Manfaat Sehat Minum Air Putih 1 Menit Setelah Bangun Tidur

6. Membuat hubungan jadi lebih harmonis

Entah itu dengan keluarga atau pasangan, saling berpelukan bisa meningkatkan keharmonisan hubungan kita dengan seseorang yang kita cintai. Jadi bila suatu hubungan kurang harmonis, bisa dibilang kedua belah pihak jarang berpelukan.

Kalau sudah tahu apa manfaatnya, kenapa Anda jarang berpelukan dengan orang yang Anda cintai? Jika masih belum punya pasangan, Anda bisa memeluk boneka ketika tidur. Lumayan juga lho manfaatnya.

loading...
loading...
Loading...
Loading...